Beranda Nasional Pembaretan Angkatan 47 Ditsamapta Polda Kalbar, Kapolda Berikan 4 Penekanan

Pembaretan Angkatan 47 Ditsamapta Polda Kalbar, Kapolda Berikan 4 Penekanan

Polda Kalbar
Kapolda Irjen Pol Drs Suryanbodo Asmoro, M.M, saat menyiramkan air bunga dan pemasangan baret pada acara Pembaretan Angkatan 47 Ditsamapta Polda Kalbar, di Lapangan Jananuraga Polda Kalbar, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Pontianak, Kamis 27 Oktober 2022, Pukul 07.00 WIB.
KALBAR | KABASUMBAR.NET – Sebanyak 258 orang Bintara Remaja Angkatan 47 Direktorat Samapta Polda Kalbar (Kalimantan Barat) melaksanakan kegiatan upacara Penutupan Latihan Peningkatan Kemampuan dan pembinaan tradisi. Dalam kesempatan ini, Kapolda juga menekankan 4 (empat) point kepada para peserta Bintara.

Pembaretan Angkatan 47 Ditsamapta Polda Kalbar ini dipimpin langsung oleh Kapolda Irjen Pol Drs Suryanbodo Asmoro, M.M, dan dihadiri oleh Waka Polda Kalbar Brigjen Pol Asep safrudin, S.IK.,MH, serta para Pejabat Utama (PJU) di Lapangan Jananuraga Polda Kalbar, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Pontianak, Kamis 27 Oktober 2022, Pukul 07.00 WIB.

Pembinaan tradisi ini dimaksudkan agar setiap anggota Polri yang baru dilantik atau memasuki kesatuan yang baru dapat segera menyesuaikan diri baik dalam hal sikap prilaku maupun kemampuan-kemampuan yang ada di kesatuan barunya yaitu Korps Direktorat Samapta Polda Kalbar.

Baca Juga: HUT Humas Polri Ke-71, Bidhumas Polda Kalbar Gelar Donor Darah

Polda Kalbar
Personil Ditsamapta saat melakukan simulasi pengamanan Aksi Massa dalam acara Pembaretan Angkatan 47, di Lapangan Jananuraga Polda Kalbar, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Pontianak, Kamis 27 Oktober 2022, Pukul 07.00 WIB.

Pelaksanaan pembinaan tradisi tersebut sebelumnya dilaksanakan orientasi selama 6 hari yang di lanjutkan dengan pemberian pelatihan fungsi samapta dan pembekalan seluruh fungsi baik operasional maupun pembinaan  selama 3 bulan

Sebelum pelaksanaan pembinaan tradisi (Bintra) ini, dilaksanakan juga pelatihan peningkatan kemampuan pengendalian massa, ketrampilan  mengemudi Roda 2, beladiri boxer/tarung derajat, SAR, persenjataan, K9, turjawali dan pembekalan seluruh fungsi oleh para direktur atau yg mewakili yang diikuti oleh 258 Orang bintara remaja yang terdiri dari 253 Polki dan 5 Polwan.

“Pembinaan tradisi ini adalah bertujuan untuk membentuk perilaku, sikap jiwa korsa, mental kejuangan dan memahami tugas umum Kepolisian khususnya Pengendalian massa dalam menghadapi tantangan tugas kedepan untuk persiapan dalam rangka mensukseskan pesta Demokrasi Pemilu 2024 mendatang,” kata Kapolda.

Baca Juga: Ibu Hamil 8 Bulan Merasa Dikorbankan Jaksa di PN Tipikor Pontianak

Polda Kalbar
Personil Ditsamapta saat melakukan simulasi pengamanan Aksi Massa dalam acara Pembaretan Angkatan 47, di Lapangan Jananuraga Polda Kalbar, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Pontianak, Kamis 27 Oktober 2022, Pukul 07.00 WIB.

Dalam hal ini, lanjut Irjen Pol Suryanbodo Asmoro, diharapkan peserta latihan mampu menghadapi berbagai dinamika tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks, seiring dengan perkembangan lingkungan yang sangat cepat dan dinamis.

Pembinaan tradisi tersebut di lakukan penyiraman air bunga dan pemasangan baret  oleh kapolda Kalbar kepada 2 orang perwakilan 1 Polki dan 1 polwan.

Dalam arahannya, Kapolda Kalimantan Barat mengucapkan selamat kepada para peserta pembinaan tradisi yang telah selesai melaksanakan latihan peningkatan kemampuan. Selain itu, Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat untuk mensukseskan kegiatan ini.

Baca Juga: Kejati Serahkan Hasil Pemeriksaan 12 Ambulance kepada Inspektorat Provinsi Kalbar

Polda Kalbar
Personil Ditsamapta saat melakukan simulasi Beladiri dalam acara Pembaretan Angkatan 47, di Lapangan Jananuraga Polda Kalbar, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Pontianak, Kamis 27 Oktober 2022, Pukul 07.00 WIB.

Kapolda Kalbar juga menekankan 4 (empat) point kepada para peserta Bintara, yaitu:
1. Jadilah insan  Bhayangkara yang selalu menjaga dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap alloh  Tuhan yang maha esa.
2. Laksanakan tugas dengan penuh komitmen dan rasa tanggung jawab, sebagai pelayan masyarakat yang santun dan bermoral serta hindari perbuatan yang dapat merusak citra diri dan organisasi polri;
3 Pahami bahwa setiap anggota polri dilapangan adalah representasi dari negara. Laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan berupaya l tenaga mencegah terjadinya pelanggaran maupun kriminalitas;
4. Jalin kemitraan dengan seluruh komponen masyarakat, sehingga tercipta hubungan dan kerjasama yang sinergis.

Setelah upacara selesai, di lanjutkan dengan peragaan beladiri, keterampilan mengemudi R2 yang di rangkai dalam skenario patroli, pengendalian massa yang melibatkan K9 dari  situasi hijau sampai dengan situasi kuning dan massa bubar yang di pantau dengan dround Ditsamapta Polda Kalbar dan terakhir seluruh peserta bersalaman dengan Kapolda Kalbar dan PJU Polda Kalbar

Sebagai penutup, acara pembinaan tradisi di laksanakan giat long march 10 km yg di buka dengan kebutan bendera start di Lapangan Jananuraga oleh Direktur Ditsamapta Polda Kalbar, Kombes Pol Permadi Syahid Putra, SIK, MH dan sampai finish, di Mako Ex SPN Polda Kalbar, Pukul 11.30 WIB.

Sumber: Ditsamapta Polda Kalbar
Kompol Paino S.Pd
Editor: Adrianus Susanto318
Baca Juga: Perempuan yang Berupaya Terobos Istana Negara, Berafiliasi dengan HTI dan NII
Baca Juga: Viral, Seorang Jaksa Penuntut Umum Menggunakan Tas Mahal Rp48,3 Juta

Facebook Comments