Beranda Pendidikan Dinas Sosial Sumbar Gelar Bimtek Dasar PSM di Campago Hotel Bukittinggi.

Dinas Sosial Sumbar Gelar Bimtek Dasar PSM di Campago Hotel Bukittinggi.

PSM
Bukittinggi| Kaba Sumbar- Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) memang sangat dibutuhkan perannya dalam membantu program pemerintah mendeteksi bentuk-bentuk permasalahan sosial yang terjadi ditengah-tengah masyarakat.

Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, gelar kegiatan Bimbingan Teknis Dasar Angkatan II  PSM yang diikuti 81 anggota dari enam kecamatan di Kota Padang yaitu Kecamatan Kuranji, Pauh, Lubuk Kilangan, Lubuk Begalung,  Nangalo dan Kecamatan Bungus, dilaksanakan di Cimpago Hotel Bukittinggi, Selasa, 26/10 kemaren.

Dimana anggaran kegiatan Bimtek PSM tersebut berdasarkan usulan pokok pikiran yang diinisiasi Anggota DPRD Propinsi Sumatera Barat H. Maigus Nasir, dari Fraksi PAN.

Dalam sambutannya H. Maigus Nasir menyampaikan, harapannya agar PSM dalam  bekerja dilapangan betul-betul melakukan pemetaan kondisi permasalahan masyarakat dilapangan secara riil sesuai dengan kondidsi yang ada. Karena selama ini, permasalahan yang banyak terjadi adalah kesalahan data data yang diterima oleh pihak pengambil kebijakan.

“Saya yakin, jika datanya benar, pemerintah dan legislatif saling bekerjasama mencari solusi dari permasalahan sosial yang terjadi, In Syaa Allah kita akan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut”, jelas Maigus Nasir.

Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Masyarakat (Linjamsos) Dinas Sosial Propinsi Sumatera Barat Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH. MM, mewakili Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat menyampaikan materi dalam Kegiatan Bimbingan Teknis Dasar PSM Angkatan II itu.

Kegiatan Bimbingan Teknis Dasar PSM Angkatan II berlangsung pada 25 s/d 27 Oktober 2021, dan diikuti 81 peserta dari Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dari enam kecamatan di Kota Padang.

Dalam sambutannya Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Masyarakat (Linjamsos) Dinas Sosial Propinsi Sumatera Barat Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH. MM, menjelaskan, peranan seorang Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) memang sangat dibutuhkan keberadaannya dalam membantu program pemerintah.

Tidak mungkin pemerintah dapat mengetahui semua atau mendeteksi bentuk-bentuk permasalahan sosial yang terjadi ditengah-tengah masyarakat tanpa ada bantuan informasi dari masyarakat itu sendiri.

“Kita harus tahu, bentuk-bentuk permasalahan sosial yang ada di dalam masyarakat itu berbeda-beda sesuai dengan kondisi daerahnya. Dan penangannya pun berbeda pula.

Terkait kondisi permasalahan sosial  ini, yang lebih mengetahui tentulah masyarakat yang tinggal di lingkungan daerah tersebut. PSM adalah salah satu komponen dari masyarakat yang bekerja membantu pemerintah dalam memetakan dan mendata bentuk-bentuk permasalahan sosial yang ada di masing-masing daerah tempat tinggalnya”, tambah Datuk IB, demikian sapaan akrab Irwan Basir itu.

Lebih lanjut dikatakannya, sebagai pekerja sosial PSM memang tidak digaji. Namun perannya sangat membantu kelancaran program pemerintah dalam penanganan permasalahan sosial masyarakat.

“Inilah salah bukti dibutuhkannya kehadiran PSM ini, yaitu pemerintah melibatkan elemen masyarakat dalam hal penanganan masalah sosial. Karena penanganan masalah sosial masyarakat bukanlah semata-mata tanggungjawab pemerintah sendiri, tapi juga tanggungjawab bersama”, tambah Datuk IB.

( Hen )

Facebook Comments

Artikulli paraprakKejaksaan Negeri Padang Banjir Karangan Bunga
Artikulli tjetërMaklumat Wali Kota Ke Ahli Waris PadaTiga TPU Di Padang.