Beranda Pendidikan SMA N 3 Payakumbuh Sukses Antarkan 83 Siswa Lulus PTN Jalur SNBP

SMA N 3 Payakumbuh Sukses Antarkan 83 Siswa Lulus PTN Jalur SNBP

SMA N

Payakumbuh |kabasumbar.netSMA N. 3 Payakumbuh cetak prestasi luar biasa. Antarkan siswanya terbanyak di Payakumbuh lulus di Perguruan Tinggi  Negeri ( PTN ) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi ( SNBP ).

Mengutip portal jernihnews.com, tercatat 83 siswa kelas XII SMA N 3 Payakumbuh  berhasil lulus di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2023.

Rincian kelulusan 83 siswa SMA N 3 Payakumbuh tersebut adalah sebagai berikut; UGM 1, IPB 5, USU 1, Unimed 1, Unja 3, Unri 7, Unand 14, UNP 24, Itera 13, UPN Veteran Jakarta 1, Poltek Negeri Semarang 1, Poltek Negeri Jakarta 1, Politeknik Negeri Padang (PNP) 7, Politani Payakumbuh 1, ISI Padang Panjang 2, dan UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru Baru 1.

Kepala SMA N 3 Payakumbuh Dra. Irma Takarina, M.Si dan seluruh keluarga besar SMAN 3 Payakumbuh menyambut gembira prestasi dan capaian siswa dan siswi kelas XII.

SMA N

“Selamat kepada anak-anak kami yang lulus atau diterima di PTN melalui jalur SNBP atau dulu disebut mahasiswa undangan,” kata Kepsek Irma Takarina, pada acara penyerahan piagam kepada siswa yang lulus SNBP yang juga dihadiri orang tua siswa, komite dan lainnya, Sabtu (01/04/2023) di Aula SMAN 1 Payakumbuh.

Menurut Irma keberhasilan SMAN 3 Payakumbuh sekarang ini mengantarkan 83 siswanya lulus SNBP pencapaiannya tidaklah mudah. Tapi melalui kerja keras dan usaha luar biasa dari banyak pihak, seperti siswa, guru, wali kelas, guru BP, orang tua dan juga Bimbel Edu Prime yang menjadi mitra bimbingan serta lainnya.

SMA N

“Siswa kita ini lebih banyak mengikuti pembelajaran secara online karena dalam masa pandemi Covid-19, selama 2 tahun mereka belajar jarak jauh. Barulah setahun belakangan atau di kelas XII mengikuti pembelajaran tatap muka. Tapi alhamdulillah, berkat kerja keras dan usaha bersama, anak-anak kita ternyata bisa mencatatkan prestasi luar biasa, dengan banyak yang diterima di PTN jalur SNBP,” sebut Irma.

Dijelaskan Kepsek terbaik nasional yang juga pernah memimpin SMAN 2 Payakumbuh ini, jumlah siswa yang diusulkan mengikuti SNBP sebanyak 125 siswa. Sedangkan yang lulus 83 siswa atau 66 persen.

Irma mengungkapkan salah satu kunci bisa tingginya jumlah SMAN 2 Payakumbuh di PTN jalur SNBP adalah pemilihan prodi yang tepat sesuai dengan potensi yang dimiliki siswa.

“Ibaratnya kalau kita cuma punya uang atau modal untuk membeli ubi ya kita beli ubi. Jangan beli coklat. Ini salah satu kuncinya. Artinya pemilihan prodi atau jurusan disesuaikan dengan potensi anak kita. Jangan paksakan ambil yang tinggi-tinggi,” kata Irma.

Tips berikutnya adalah pemilihan jurusan yang belum diketahui banyak orang tapi peluang kerjanya sangat luas. Contohnya jurusan kosmetik, tata rias vokasi D4, D3 dan lainnya.

Kepada para siswa yang berhasil lulus SNBP, Irma juga menekankan agar meraih hasil belajar yang baik di perguruan tinggi dengan indeks prestasi (IP) yang tinggi atau di atas 3,5. Karena hal itu menjadi catatan atau referensi bagi perguruan tinggi tersebut dalam penerimaan jalur SNBP tahun berikutnya dari SMAN 3 Payakumbuh.

“Kalau IPK ananda rendah saat kuliah, bisa menyulitkan bagi adik-adik berikutnya diterima pada jalur SNBP tahun selanjutnya,” kata Irma mengingatkan sembari menyontohkan ada beberapa PTN yang tahun ini tidak menerima calon mahasiswa dari SMAN 3 yang dipimpinnya itu, karena kemungkinan yang lulus sebelumnya memperoleh nilai yang tidak baik.

Susi dari Edu Prime yang turut diberikan kesempatan memberikan sambutan menyampaikan pesan agar para lulusan jalur SNBP berjibaku kuliah di perguruan tinggi. Capai nilai setinggi-tingginya. Minimal IPK 3,7.

“Jangan pernah mengalah. Jangan pernah tarsok atau menunda-nunda tugas dan lainnya. IPK harus di atas 3,7 biar mudah mencari pekerjaan. Dan ingat jangan pernah menjadi mahasiswa Kupu-kupu yang kegiatannya hanya kuliah pulang dan kuliah pulang,” kata Susi.

Setelah menjadi mahasiswa, bersungguh-sungguhlah kuliah. Karena waktu selama 4 tahun di perguruan tinggi, sangat menentukan waktu hidup 40 tahun selanjutnya. Selain kuliah menekuni ilmu akademik, Susi juga mengingatkan agar aktif berorganisasi. Kuliah untuk mengembangkan pola pikir, sedangkan organisasi untuk mengasah kepemimpinan. “Jadilah yang terbaik,” katanya bersemangat.

Apresiasi Kepsek

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Wilayah IV Sumbar yang diwakili Dra. Harlina, M.Pd mengucapkan selamat kepada siswa SMA N 3 Payakumbuh yang lulus PTN jalur SNBP. Dia juga mengucapkan selamat kepada orang tua siswa, kepala sekolah, wali kelas, para guru dan guru BP yang telah bekerja sama sehingga berhasil diraihnya prestasi membanggakan oleh SMA N 3 Payakumbuh atas kelulusan PTN melalui jalur SNBP sebanyak 83 orang.

“Prestasi ini tidak gampang mencapainya. Namun mempertahankannya lebih sulit lagi,” kata Harlina.

Harlina yang merupakan pengawas untuk SMA N 3 Payakumbuh memberi apresiasi secara khusus kepada Kepsek Irma Takarina yang telah berhasil membawa sekolah ini menjadi sekolah yang terdepan di Kota Payakumbuh. Dia memuji upaya dan perjuangan Kepsek Irma selama 2 tahun memimpin SMAN 3 Payakumbuh . “Hasil tak jauh dari usaha,” kata Lina.

Harlina menegaskan untuk tahun 2023, kelulusan PTN melalui jalur SNBP, SMAN 3 Payakumbuh merupakan yang terbanyak. “SMAN 1 Payakumubuh 48 siswa, SMAN 2 Payakumbuh 81 siswa dan SMA N 3 Payakumbuh 83 siswa, SMA N 4 Payakumbuh 28 dan SMAN 5 Payakumbuh di bawah itu lagi. Jadi ini sangat membanggakan tentunya. Apalagi dibandingkan dengan kondisi sekolah ini, dulu-dulunya,” ungkap Harlina.

Orang tua dan wali siswa tampak sumringah mendampingi anak-anak mereka menerima piagam. Mereka senang dan bahagia, anak mereka lulus di PTN dambaan mereka melalui jalur SNPB. Kini mereka tak perlu repot-repot lagi mengikuti bimbingan tes segala macam untuk masuk ke perguruan tinggi.( Ind/JN )

Facebook Comments