Beranda Daerah Nagari Rabi Jonggor Makin Tacelak Semenjak Dipimpin Niswan Adil

Nagari Rabi Jonggor Makin Tacelak Semenjak Dipimpin Niswan Adil

Nagari Rabi Jonggor
Pasaman Barat | Kabasumbar.Net – Tingginya Sinergiritas antara Pemerintahan Nagari, dengan pemerintah Kecamatan, serta dengan seluruh tokoh dan unsur masyarakat Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung tuleh, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dibawah kepemimpinan Pj. Wali Nagari Rabi Jonggor, Niswan Adil Lubis atau lebih akrab disapa (Bang Enek Mambe) membawa dampak positif bagi kemajuan nagari setempat.

Meletakkan sesuatu pada tempatnya atau memberikan sesuatu pekerjaan kepada ahlinya memang akan melahirkan dampak nyata yang luar biasa dengan hasil yang diperoleh. Hal itu juga terlihat jelas setelah Niswan Adil diberikan amanah memimpin Nagari Rabi Jonggor selaku Pj. Wali Nagari Rabi jonggor.

Disamping tingginya pengalaman di dunia pemerintahan, Niswan Adil juga merupakan Putra asli Paraman Ampalu yang tentunya sudah faham betul bagaimana karakter, adat, budaya dan situasi geografis Nagari Rabi Jongor selaku kampung halaman dan tempat lahirnya itu.

Hal itu tentunya menjadi modal besar bagi Nagari Rabi Jonggor untuk berbenah maju untuk melakukan perubahan dengan satu tujuan memajukan dan mensejahterakan masyarakatnya melalui tangan Niswan Adil untuk bisa setara dengan Nagari maju lainnya yang ada di Pasbar dan Sumbar pada umumnya.

Nagari Rabi Jonggor
Niswan Adil Bersama Camat, Bamus dan Kepala Jorong saat meninjau pembangunan jembatan Usaha Tani

Sebagaimana diketahui, Nagari Rabi Jonggor adalah salah satu Nagari yang terletak di wilayah bagian Utara Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). Nagari yang berlokasi di Kecamatan Gunung Tuleh itu, sebelah Utara berbatasan langsung dengan Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Dua Koto, Kabupaten Pasaman, sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Sungai Aur, sebelah Selatan berbatasan dengan Nagari Muaro Kiawai Kabupaten Pasbar.

Nagari Rabi Jonggor juga dikenal dengan keindahan alamnya yang bagus dan memukau. Hal itu terlihat dengan banyaknya lokasi objek wisata yang menarik minat wisatawan lokal bahkan hingga luar daerah Sumatra Barat.

Ada 14 objek wisata unggulan di Nagari tersebut, diantaranya adalah sumber air panas sitabu, danau laut tinggal, pemandian alam muara sitabu, Guo silupak-lipak bandar, pemandangan alam bandar, arung jeram muara sitabu Paraman ampalu, dan sampurna aek garuntung.

Rabi Jonggor juga memiliki destinasi wisata lainnya seperti gua alam bulu laga, gua alam kampung Guo, gua lam rantau panjang, lokasi paralayang karang putih rantau panjang, Guo air dingin, jembatan merah peninggalan Belanda, pemandian alam tanjung durian dan pemandian alam Paraman ampalu.

Nagari Rabi Jonggor
Saat meninjau Progres pembangunan Jalan

Disamping keindahan alam dan keramahan penduduknya yang didominasi oleh suku Mandailing, Nagari tersebut juga sangat terkenal dengan banyaknya melahirkan tokoh-tokoh besar dan berpengaruh mulai dari tingkat Kabupaten dan banyak juga yang berkarir hingga tingkat Nasional. seperti, Perwira Tinggi Marsekal Muda TNI M. Khairil Lubis yang saat ini menjabat sebagai Asops Kasau TNI Angkatan Udara. Selain itu, masih banyak tokoh besar lainnya yang berasal dari TNI, Polri dan dari unsur Pemerintahan yang berasal dari anak Nagari itu.

Pj. Wali Nagari Rabi Jonggor, Niswan Adil Lubis saat ditemui di ruangan kerjanya, Rabu, 21 Desember 2022 mengatakan bahwa, dalam rangka pemerataan pembangunan hingga pelosok perkampungan, Nagari Rabi Jonggor melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan Alokasi Dana Nagari (ADN) Tahun Anggaran 2022 memfokuskan pembangunan skala prioritas sesuai kebutuhan masyarakat dan telah melalui Musrenbang Nagari bersama Badan Musyawarah Nagari (Bamus), kepala Jorong, dan tokoh masyarakat untuk bersama menentukan titik pembangunan.

“Pada tahun ini, kita melakukan pembangunan fisik di tujuh titik lokasi yang berbeda dari dan ADD dan ADN Nagari tahun 2022 ini. pembangunan yang dilakukan merupakan skala prioritas sesuai hasil dari Musrenbang tingkat Nagari yang kita lakukan,”ucapnya.

Niswan Adil menjelaskan, tujuh titik pembangunan tersebut yaitu, pembangunan jembatan usaha tani garabak bolak Paraman Bondar dengan pagu dana sebesar Rp.100.000.000 , pembangunan jalan usaha tani Jorong Sitabu pagu anggaran Rp.50.000.000 , dan pembangunan jalan rabat beton jalan usaha tani lubuk kapar Jorong Paraman Ampalu dengan pagu anggaran Rp.100.000.000 rupiah.

Selanjutnya pembangunan Polindes Jorong Bandar dengan pagu dana sebesar Rp.250.000.000 , pembangunan rumah Tahfiz Kejorongan Paraman Ampalu Rp.50.000.000 , dan terakhir pembangunan Gedung MDA kejorongan Rantau Panjang Rp.100.000.000 rupiah.

Nagari Rabi Jonggor
Saat Meninjau Rumah Tahfiz Paraman Ampalu

“Kita melakukan pembangunan jalan dan jembatan mengingat hasil utama pendapatan masyarakat adalah dari hasil pertanian dan perkebunan, khususnya sawit karet dan minyak Nilam. Sementara untuk pembangunan rumah Tahfiz, kita lakukan meningkatkan dan mempersiapkan generasi penerus yang berkarakter dan religius dalam menghadapi perkembangan zaman saat ini,”jelas Niswan Adil.

Ditambahkan, untuk pembangunan Polindes yang telah dilakukan, merupakan wujud nyata perhatian dari pemerintah Nagari terhadap kesehatan masyarakat dalam memaksimalkan pemberian layanan kesehatan khususnya pelayanan kesehatan ibu dan anak serta masyarakat usia lanjut.

Keberadaan Polindes tersebut adalah sarana yang representatif bagi masyarakat di Kejorongan Bandar. Polindes tersebut juga akan menjadi pusat kegiatan pelayanan kesehatan yang relatif murah dan jaraknya yang dekat dengan mutu pelayanan yang terjamin.

“Disamping memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, insyaallah kalau nantinya Polindes ini diberdayakan dengan baik, maka akan menambah laju pembangunan di bidang kesehatan,” tuturnya.

Ia berharap, semoga dengan berdirinya Polindes tersebut maka pada gilirannya akan membantu Pemkab Pasbar dalam mencetak sumber daya manusia/SDM yang sehat dan berkualitas.

Nagari Rabi Jonggor
Saat meninjau beberapa titik pembangunan Nagari

“Terima kasih atas dukungan semua pihak, tentunya Polindes ini nantinya akan memberikan keuntungan yang besar bagi masyarakat dengan sarana dan fasilitas yang baik dengan tenaga bidan yang standby di lokasi,” ucapnya.

Tak diragukan lagi, dibawah nakhoda Niswan Adil Lubis atau lebih dikenal dengan (Bang Enek) yang sudah mempunyai berjuta pengalaman dalam bidang pemerintahan dan dikenal mempunyai pergaulan yang cukup luas tersebut, sinergitas antara Pemerintahan Kecamatan dan Nagari dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di segala bidang patut di acungi jempol.

Hal itu terlihat dari, kebersamaan antara, Camat Gunung Tuleh, Muhammad Gor, Pj. Wali Nagari Rabi Jonggor, Niswan Adil Lubis, Ketua Bamus, Zulfahri Nasution, Anggota Bamus Nagari Kejorongan Bandar, Albisri , Bamus Baro Gunung, M. Syarif Hasibuan , dan Bamus Paraman Ampalu Ismed Mulya, Kepala Jorong Paraman ampalu, Sulkani , Pendamping lokal Desa, Zulhafni dan TPK kegiatan, Lewaldi yang bersama-sama turun ke lapangan untuk melihat langsung hasil kegiatan pembangunan yang dilakukan. Mereka rela berjalan kaki menempuh jalan setapak untuk sampai ke lokasi pembangunan.

Di sela-sela kunjungan lapangan, Camat Gunung Tuleh, Muhammad Gor berharap, masyarakat bisa memanfaatkan dan menjaga fasilitas yang telah dibangun tersebut dengan baik sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, memudahkan masyarakat dalam mengeluarkan hasil pertanian, meningkatkan roda perekonomian serta menghemat biaya dalam mengeluarkan hasil perkebunan.

Nagari Rabi Jonggor
Kegiatan PKK Nagari Rabi Jonggor

“Kami berharap, masyarakat tidak hanya memanfaatkan fasilitas, tapi juga bisa merawat dan menjaganya, karena ini adalah milik kita bersama yang juga harus dirawat dan dijaga. Bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, namun juga tanggung jawab semua pihak termasuk peran serta masyarakat,”harap Muhammad Gor.

Sementara itu, Ismed Mulya mewakili anggota Bamus lainnya mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Nagari dan semu masyarakat yang terlibat dalam upaya mensukseskan pembangunan yang dilakukan. memang tak bisa dipungkiri, tanpa peran serta dan dukungan semua pihak, tentunya pembangunan yang dilakukan tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Pemerintah Kecamatan dan Nagari tak akan berarti apa apa tanpa peran serta semua pihak yang telah berpartisipasi dalam upaya mensukseskan pembangunan yang dilakukan. Semoga semua pembangunan yg dilakukan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Nagari Rabi Jonggor kedepannya serta dapat melahirkan generasi yang memiliki keimanan yang kuat, berilmu pengetahuan, berakhlak mulia,”pinta Ismet mengakhiri.

(TIM AJO PASBAR)

Facebook Comments

Artikulli paraprakSorotan Anggota LSM WGAB Papua Terhadap Tambang Emas Tradisional Manokwari
Artikulli tjetërMeningkatkan Kemampuan dan Kesejahteraan Wartawan Menjadi Prioritas Rakernas Wakomindo 2022