Beranda Daerah Kabar Gembira! Kartu Prakerja Gelombang 49 Resmi Dibuka

Kabar Gembira! Kartu Prakerja Gelombang 49 Resmi Dibuka

Kabar
Pasaman Barat | Kabasumbar.net – Kabar terbaru terkait program kartu prakerja kembali dibuka pada hari ini Senin (6/3/2023). Pembukaan kali ini diperuntukkan untuk program prakerja gelombang 49, gelombang kedua di tahun ini. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengklik “gabung gelombang” di dashboard akun Kartu Prakerja Anda melaluiwww.prakerja.go.id.

 “Gelombang 49 sudah dibuka! Yuk buru-buru klik ‘Gabung Gelombang’ sekarang juga di dashboard Kartu Prakerja kamu,” demikian pengumuman resmi tersebut dikutip melalui Instagram resmi @prakerja.go.id, dikutip dari CNBC Indonesia, Rabu (7/3/23).

Program Prakerja dengan skema normal, bukan semi bansos yang dibuka kali ini, menjadi gelombang kedua di tahun 2023.

Adapun pendaftaran bisa dilakukan secara online oleh masyarakat yang memenuhi kriteria melalui laman resmi Kartu Prakerja, https://www.prakerja.go.id/.

Cara daftar Kartu Prakerja gelombang 49

Program ini bisa didaftari oleh peserta berusia 18-64 tahun, yang bisa mendaftar secara online melalui laman www.prakerja.go.id.

Ditegaskan bahwa peserta wajib mendaftarkan diri secara mandiri dan tidak diwakilkan oleh orang lain.

Sebelum bergabung pada gelombang yang dibuka, peserta harus mengikuti tes kompetensi yang akan muncul setelah menyelesaikan pembuatan akun.

Adapun tata cara pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 49 atau gelombang kedua di tahun 2023 sebagai berikut:

Akes laman https://www.prakerja.go.id/, lalu izinkan akses lokasi, isikan NIK, nomor kartu verifikasi, tanggal lahir, alamat, hingga nama ibu kandung

Unggah foto KTP dan swafoto wajah
Setelah sistem melakukan pengecekan wajah, tunggu ke tahap berikutnya untuk verifikasi nomor handphone. Masukkan kode OTP yang sudah dikirimkan ke nomor handphone
Isi pernyataan pendaftar sesuai kondisi sebenarnya.Kabar
Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar
Setelah itu, gabung dengan gelombang sesuai alamat KTP, klik Gabung Gelombang. Akan muncul konfirmasi pilihan gelombang, klik Gabung.
Selanjutnya muncul Persetujuan Prakerja berisi sejumlah pernyataan, klik pada kolom Saya Menyetujui untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya
Pendaftaran selesai dan dapat menunggu pengumuman seleksi.
Nantinya, apabila peserta dinyatakan lolos seleksi maka akan memperoleh pemberitahuan yang disampaikan melalui SMS maupun dashboard Prakerja masing-masing.
Setelah dinyatakan lolos, peserta dapat mengikuti langkah-langkah selanjutnya seperti mengikuti pelatihan, pengisian survei, hingga pencairan insentif.
Sebagai informasi, peserta Kartu Prakerja tahun 2023 akan memperoleh insentif dengan total Rp 4,2 juta, yang terdiri dari:
Biaya pelatihan sebesar Rp 3,5 juta
Insentif pasca pelatihan Rp 600 ribu yang diberikan sebanyak satu kali.
(Saipen Kasri)

Facebook Comments