Beranda Daerah PMI Kabupaten Pasbar Gelar Rakor Bidang Komunikasi dan Kehumasan

PMI Kabupaten Pasbar Gelar Rakor Bidang Komunikasi dan Kehumasan

PMI Kabupaten
Pasaman Barat | Kabasumbar.net – PMI Kabupaten Pasaman Barat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bidang komunikasi dan kehumasan tahun 2023 dengan puluhan wartawan yang dilaksanakan di Markas PMI Simpang Empat pada selasa (07/03/2023).

Rapat Koordinasi (Rakor) yang diselenggarakan tersebut merupakan kegiatan yang pertama kali digelar dengan mengundang puluhan wartawan yang ada di Pasbar.

Rakor yang dihadiri oleh puluhan orang wartawan tersebut dibuka oleh Ketua PMI Pasbar, H. Risnawanto yang juga saat ini sebagai Wakil Bupati Kabupaten Pasaman Barat dan didampingi oleh Kamarkas Rida Warsa dan Ketua Bidang Komunikasi dan Kehumasan Idenvi Susanto.

Ketua PMI Pasbar, H. Risnawanto dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua relawan PMI dan khususnya kepada Insan Pers Pasbar yang telah hadir pada acara rakir hari ini.

Risnawanto yang juga saat ini sebagai Wakil Bupati Pasbar, mengapresiasi Insan Pers yang selama ini telah mendukung dan ikut aktif mengekspos setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh PMI Pasbar, hingga organisasi kemanusiaan ini mampu berkiprah di setiap kecamatan yang ada di Pasbar dan keberadaan PMI sudah dikenal oleh masyarakat.

Ditambahkannya, pada era digital ini, media sosial banyak digunakan untuk menyampaikan pesan kehumasan dan memberikan berita-berita pencerahan kepada masyarakat, walau demikian PMI Pasbar tetap meyakini, adanya kerja sama ini dengan insan pers melalui media massanya masing-masing tentu pesan -pesan kehumasan, terutama kegiatan positif kemanusiaan PMI akan lebih sampai lagi ke masyarakat.

Selain itu menurutnya, pemberitaan internal kelembagaan, humas dalam lingkup PMI juga memiliki peranan eksternal, makanya Risnawanto berharap adanya kerja sama melalui masukan saran dan kritik dengan insan pers harus semakin dieratkan.PMI Kabupaten

“Masukan-masukan dari rekan-rekan Insan Pers sangat kami harapkan, hal ini tentu akan menjadi motivasi bagi kami, apalagi PMI saat ini keberadaannya sudah mencapai di sebelas kecamatan yang ada di Kabupaten Pasaman Barat, itulah makanya melalui jalinan kerja sama dengan insan pers kita harapkan program PMI sampai kepada masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, dalam hal ini peran dan fungsi dari media dan jurnalis sangat berpengaruh untuk mendukung kinerja PMI ke depan. Memang selama ini PMI sudah terbantu dengan pemberitaan dan program PMI, tapi kita masih berharap semakin ditingkatkan lagi.

Risnawanto menerangkan, di PMI selain tugas kemanusiaan menghadapi kebencanaan dan sosial kemasyarakatan lainnya, juga yang utama adalah penyediaan darah bagi masyarakat, terutama donor darah memang menjadi tugas penting kita, karena setetes darah sangat berarti bagi kemanusiaan, saat ini capaian darah dari pendonor melalui komunitas dan masyarakat sudah mengalami peningkatan.

Sementara Kepala Markas, Rida Warsa mengatakan, pelibatan media massa melalui kehumasan sangat penting dilakukan dalam upaya membangun citra dan reputasi positif kelembagaan PMI.

“Dalam era milenial ini, pemberitaan sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat, di mana masyarakat akan disuguhkan untuk memperoleh informasi, pengetahuan dan memberikan penilaian berdasarkan dari berita yang diperolehnya. Pemberitaan menjadi kunci dalam membangun image PMI. Jika masyarakat lebih sering disuguhkan pemberitaan yang postif, maka akan menciptakan image positif dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan PMI di daerahnya.” terang Rida Warsa.

Menurutnya, di sinilah peranan humas, di mana humas merupakan corong lembaga untuk memberikan pemberitaan yang positif kepada masyarakat. Kegiatan, pelayanan, prestasi dan keunggulan yang dimiliki PMI harus diberitakan kepada khalayak umum agar masyarakat bisa mengetahui, mengerti dan memahami informasi tersebut. Keberadaan humas dalam lingkungan PMI diharapkan mampu membangun image positif atas keberadaan PMI secara umum.

Rida Warsa menambahkan, saat ini PMI Pasbar akan menargetkan 4000 kantong donor darah untuk kebutuhan tahun 2023.

Rida Warsa menjelaskan, kebutuhan akan darah memang mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Untuk itu pihaknya berharap adanya peningkatan dan kesadaran masyarakat dalam mendonorkan darahnya.PMI Kabupaten

“Di tahun 2021 capaian target PMI sebanyak 1.898 kantong, tahun 2022 sebanyak 2.856 kantong.Sementara di tahun 2023 ini, kita akan menargetkan sebanyak 4.000 kantong,”terang Rida Warsa.

Rida Warsa lebih jauh menjelaskan, saat ini PMI akan terus melakukan peningkatan dan menggenjot bagaimana target donor darah di Kabupaten Pasaman Barat terus meningkat.

Untuk itulah, PMI telah dan akan membentuk kelompok donor darah, sementara saat ini komunitas tersebut sudah ada sebanyak 48 kelompok.

Sebagai upaya bagaimana menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya donor darah, melalui pembentukan kelompok donor darah sukarela baik di masyarakat, perusahaan sekolah maupun instansi pemerintah.

Menurutnya, meskipun ada peningkatan terhadap suplay donor darah, namun saat ini PMI Pasbar memiliki keterbatasan untuk penyimpanan berupa alat pendingin atau kulkas darah, akibatnya saat ini kapasitas darah yang disimpan tidak mencukupi.

“Dalam waktu dekat PMI juga akan melakukan rapat koordinasi dengan lembaga atau instansi terkait, terutama pengadaan kulkas pendingin untuk menyimpan darah pendonor hingga kedepan kita tidak kewalahan lagi,”terang Rida Warsa.PMI Kabupaten

Pada kesempatan selanjutnya Idenvi sebagai Ketua Bidang Kehumasan memimpin acara diskusi dan dialog langsung dengan para awak media.

Dikatakan Idenvi Rakor Kehumasan ini ke depan akan dijadikan sebagai agenda tahunan dalam menjalin kerja sama dan Komunikasi dengan insan pers, terutama akan dijadikan sebagai salah satu agenda pada kegiatan rakor tentang penguatan kehumasan serta sosialisasi program kemanusiaan ke depannya.

Ditambahkannya, kegiatan Rakor Humas kali ini bertujuan untuk penguatan kapasitas kehumasan dalam yang berada di lingkungan PMI khususnya dalam hal mensosialisasikan program-program kemanusiaan PMI.

“Diharapkan, sinergi yang baik antar humas dan insan pers di lingkungan PMI ini terus terbangun di masa yang akan datang,” harap Idenvi.

Kegiatan Rakor ditutup dengan diskusi dan diakhiri dengan acara silaturahmi sambil makan bersama di kediaman resmi rumah dinas Wakil Bupati Pasaman Barat, H. Risnawanto.

(SKL)

Facebook Comments