Beranda Kesehatan Suplemen Pemutih Kulit Membantu Kecerahan Kulit

Suplemen Pemutih Kulit Membantu Kecerahan Kulit

Pemutih Kulit
Mengonsumsi suplemen pemutih kulit merupakan salah satu cara untuk memiliki kulit putih seperti dambaan para wanita. Meskipun hal itu tidak dijadikan standar kecantikan.

Suplemen pemutih kulit diklaim dapat memutihkan kulit secara merata. Beberapa kandungan yang umum ditemukan dalam suplemen pemutih kulit adalah glutathione, kolagen, dan vitamin C.

Kandungan Suplemen Pemutih Kulit

Kandungan tertentu dalam suplemen pemutih kulit diyakini dapat membantu meningkatkan tingkat kecerahan kulit. Umumnya suplemen pemutih kulit mengandung:

Glutathione

Kandungan utama yang kerap terkandung dalam suplemen pemutih kulit adalah glutathione. Beberapa penelitan menunjukkan bahwa glutathione mampu memutihkan kulit, namun efektivitasnya masih perlu untuk diteliti lebih lanjut karena pada penelitian lain kurang membuahkan hasil yang signifikan.

Meski demikian, glutathione tetap membawa manfaat untuk kesehatan kulit. Penelitian menunjukkan bahwa glutathione berperan dalam meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi kerutan kulit.

Walau tetap membawa manfaat, konsumsi suplemen pemutih kulit yang mengandung glutathione haruslah hati-hati. Beberapa efek samping mungkin muncul pasca mengonsumsi suplemen glutathione. Di antaranya adalah  kram perut, kembung, sesak napas, hingga reaksi alergi (misalnya ruam).

Selain memiliki beberapa efek samping, konsumsi suplemen pemutih kulit ini juga sebaiknya tidak dilakukan dalam jangka panjang karena bisa menyebabkan penurunan kadar zinc dalam tubuh.

Kolagen

Selain glutathione, bahan lain yang kerap ada di suplemen pemutih kulit adalah kolagen. Kolagen merupakan protein yang ada dalam tubuh manusia. Namun, seiring bertambahnya usia, kadar kolagen dalam tubuh bisa berkurang sehingga membutuhkan asupan tambahan dari makanan maupun suplemen.

Manfaat kolagen untuk kulit sebenarnya beragam, dan salah satu yang menarik adalah diklaim bisa memutihkan kulit. Meski demikian, manfaat kolagen untuk memutihkan kulit masih perlu untuk diteliti lebih lanjut. Pasalnya, penelitian menunjukkan bahwa kolagen bukanlah agen pemutih kulit, melainkan pencerah kulit.

Vitamin C

Tak hanya mampu meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi kerutan, penelitian juga menunjukkan bahwa suplemen vitamin C terbukti efektif dalam memutihkan dan mencerahkan kulit.

Peran vitamin C dalam memutihkan kulit terletak pada kemampuannya dalam menurunkan produksi melanin, yaitu pigmen warna kulit. Semakin banyak produksi melanin, maka akan semakin gelap warna kulit Anda.

Suplemen vitamin C juga dianggap aman karena cenderung larut dalam air ketika dikonsumsi secara berlebih sehingga akan keluar ketika Anda buang air kecil. Meski demikian, tetap ada efek samping yang mungkin mengintai, sehingga Anda disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsinya.

Keputusan untuk mengonsumsi suplemen pemutih ada di tangan Anda. Namun sebelum mengonsumsinya, pastikan suplemen tersebut telah mengantongi izin BPOM. Selain itu, ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter kulit sebelum mengonsumsi suplemen agar tahu manfaat dan efek sampingnya.

Daripada terobesi dengan kulit putih, lebih baik Anda menjaga kesehatan kulit. Namun, jika kulit putih menjadi hal yang begitu diidamkan dan membuat Anda lebih percaya diri, cobalah untuk berkonsultasi kepada dokter kulit.

Dokter kulit akan menentukan perawatan yang tepat dan aman sehingga tak hanya sekedar putih, kulit juga akan terlihat lebih sehat.

Facebook Comments

Artikulli paraprakGugatan Pilkada 2020 di MK Berguguran, KPU Menang Mutlak
Artikulli tjetërMahasiswa Pelaku Aborsi dan Pemilik Apotek di Kota Padang Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara