Beranda Pasaman Barat MTQ X Tahun 2023 Tingkat SD Dan SMP Se Nagari Ophir Resmi...

MTQ X Tahun 2023 Tingkat SD Dan SMP Se Nagari Ophir Resmi Ditutup

MTQ X
PASAMAN BARAT | Kabasumbar.net – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ X) tahun 2023 M, tingkat siswa siswi SD dan SMP di wilayah Nagari Ophir Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) resmi ditutup oleh Ketua DPRD Pasaman Barat, Sabtu (8/4/2024) malam.

Puluhan peserta dari perwakilan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di wilayah Nagari Ophir tingkat SD dan SMP mengikuti kompetisi diseluruh cabang perlombaan pada event akbar bidang keagamaan yang menjadi agenda tahunan setiap bulan ramadan, dimulai dari tanggal 4-8 April 2023.

Persaingan yang begitu sengit dari seluruh peserta yang berasal dari perwakilan masing-masing TPA Masjid dan Mushalla, sehingga juara umum I kembali diraih oleh TPA Surau Nurul Huda, Juara umum II diraih oleh TPA Masjid Nurul Barokah dan Juara umum III TPA Masjid Nurul Iman.

Ketua DPRD Pasaman Barat Erianto mengatakan, apresiasi yang sangat luar biasa kepada seluruh peserta yang mengikuti berbagai cabang perlombaan di MTQ X tahun 2023 tingkat SD dan SMP, dan juga kepada Panitia Pelaksana serta Dewan Juri, yang telah bekerja secara maksimal untuk mensukseskan kegiatan ini.

“Atas nama pimpinan DPRD Pasaman Barat, Saya sangat apresiasi kepada seluruh peserta yang mengikuti MTQ X tahun 2023 se Nagari Ophir mulai dari awal hingga akhir,” ucapnya.

Ditambahkan, seiring dengan kemajuan zaman yang serba canggih, kegiatan ini sangat berdampak positif bagi para generasi penerus, khususnya anak-anak tingkat SD dan SMP. Hal ini dapat terlihat begitu antusias dan semangatnya para peserta dalam menampilkan kemampuannya.

“Dengan adanya dukungan dari para orang tua, guru dan berbagai pihak, tentunya para anak-anak ini akan terus mengamalkan kandungan ayat suci Al-Qur’an sebagai pedoman hidup,” ungkapnya.

Erianto berharap, kedepannya kegiatan ini dapat dilaksanakan lebih semarak lagi, sehingga memberikan motivasi bagi anak-anak yang lainnya untuk mensyiarkan Al-Qur’an sehingga Masjid dan Mushalla akan ramai dalam segala kegiatan keagamaan.
Selain itu, kita juga menyarankan nantinya kepada Pemerintah Nagari Ophir untuk menganggarkan dana kegiatan MTQ ini setiap tahunnya.

“Selamat kepada anak-anak kami, baik dari tingkat SD dan SMP perwakilan masing-masing TPA Masjid dan Mushalla di wilayah Nagari Ophir yang telah meraih juara dan mengukir prestasi yang gemilang. Jangan cepat berpuas diri, teruslah belajar dan mengasah kemampuannya,” tuturnya.

Sementara itu, Pj Wali Nagari Ophir Yeni Tunida mengatakan, pemerintah nagari ophir nantinya akan terus mendukung segala kegiatan kemasyarakatan, salah satunya adalah kegiatan MTQ yang sangat berpotensi untuk melahirkan para generasi muda Hafizh Qur’an sehingga bisa mengikuti kompetisi yang digelar ditingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi sampai Nasional.

“Hal ini adalah sebagai bentuk dukungan terhadap visi misi Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat dalam program Tahfiz Qur’an dan Magrib Mengaji. Semoga kedepannya lebih ramai lagi para pesertanya dan juga bisa diikuti sampai tingkat SMA,” tuturnya.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Irawan S mengucapkan terima kasih atas dukungan dan suport dari unsur DPRD Pasaman Barat, Pemerintah Nagari Ophir, para donatur dan tokoh masyarakat, sehingga pelaksanaan MTQ X tahun 2023 tingkat SD dan SMP se Nagari Ophir dapat terlaksana dengan sukses dan lancar.

“Alhamdulillah, pelaksanaan MTQ pada tahun ini berjalan sukses dan lancar, terima memberikan dampak yang positif dari kegiatan ini untuk melahirkan generasi muda islami, berkarakter dan berakhlak mulia,” pungkasnya.

Selain Ketua DPRD Pasaman Barat, acara penutupan tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Komisi III Pasaman Barat Subandrio,
Pj Wali Nagari Ophir Yeni Tunida, Tokoh Masyarakat Pasaman Barat Agus Susanto, Yulisman, Tokoh Pemuda Ophir Yunis Andi, Bhabinkamtibmas Nagari Koto Baru Bripka Wahyul Azizwan, Ketua Pemuda Karang Taruna Nagari Ophir Wisnu A. Utama, Tokoh Masyarakat Nagari Ophir serta para orang tua dan siswa siswi tingkat SD dan SMP peserta MTQ.

(Wisnu Utama)

Facebook Comments