Beranda Pendidikan Tamatan SMK. Jurusan Yang Cocok Untuk Kuliah,

Tamatan SMK. Jurusan Yang Cocok Untuk Kuliah,

SMK
Jakarta – SMK merupakan sekolah yang mempersiapkan orang untuk dapat mengembangkan vokasionalnya, kemampuan, sikapnya dan ketrampilannya dalam bekerja untuk dapat menunjangnya setelah lulus sekolah dan ketika akan memasuki dunia kerja.

Pada SMK terdapat beragam jurusan keterampilan yang tersedia, sesuai minat, potensi dan tujuan karier. Meskipun tujuan SMK difokuskan pada penyiapan individu awal memasuki dunia kerja ( bekerja ) Namun tidak menutup kemungkinan bagi tamatan SMK untuk meneruskan Pendidikan tinggi dengan berkuliah di berbagai jurusan.

SMK

 

Apa saja jurusan kuliah yang cocok untuk tamatan SMK?
Tamatan SMK bisa kuliah di berbagai perguruan tinggi dan swasta di Indonesia melalui jalur SNMPTN 2022, UTBK SBMPTN, dan jalur penerimaan mahasiswa baru (PMB) lainnya. Siswa bisa memilih jurusan kuliah sesuai dengan jurusan di sekolah maupun lintas jurusan. Berikut rekomendasi jurusan kuliah untuk siswa SMK.

Jurusan yang Tidak Ada Matematika buat Referensi SBMPTN 2022
Jurusan Kuliah untuk Siswa SMK
1. Teknik Sipil dan Arsitektur
Jurusan Teknik Sipil bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan mahasiswa di bidang teknologi infrastruktur, khususnya pada tingkat perencanaan, perancangan, pelaksanaan , operasi, dan perawatan, seperti dikutip dari laman prodi Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada (UGM).
SMK
Sementara itu, jurusan Arsitektur merupakan bidang studi yang mempelajari penciptaan desain yang baik bagi lingkungan yang digunakan manusia, mulai dari skala bangunan tunggal sampai masterplan.

Tamatan SMK yang berminat atau sedang studi keahlian Konstruksi Gedung, Sanitasi, dan Perawatan, Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan, Bisnis Konstruksi dan Properti, serta Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan bisa mempertimbangkan masuk ke jurusan Teknik Sipil dan jurusan Arsitektur.
SMK
2. Teknik Geomatika
Teknik Geomatika merupakan bidang ilmu modern yang mengintegrasikan pengumpulan, pemodelan, analisis, dan manajemen data spasial berbasis lokasi. Data spasial sendiri didapat melalui pengukuran terestris, laut, wahana angkasa dan sensor-sensor satelit yang menggunakan kerangka dasar geodesi, seperti dikutip dari laman Departemen Teknik Geomatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Nah, siswa SMK yang punya minat atau sedang menempuh studi keahlian Teknik Geomatika dan Informasi Geospasial bisa mempertimbangkan untuk masuk jurusan ini.

3. Teknik Tenaga Listrik
Jurusan Teknik Tenaga Listrik di Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan bagian dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), salah satu fakultas favorit di ITB. Siswa SMK yang tertarik atau sedang belajar Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Pembangkit Tenaga Listrik, Teknik Jaringan Tenaga Listrik, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Otomasi Industri, Teknik Pendinginan dan Tata Udara, dan Teknik Tenaga Listrik bisa mempertimbangkan masuk jurusan Teknik Tenaga Listrik.

3. Teknik Mesin dan Teknik Dirgantara
Teknik Mesin dan Dirgantara adalah salah satu fakultas di ITB dengan jurusan Teknik Mesin, Teknik Dirgantara, dan Teknik Material. Ada berbagai jurusan di SMK yang mempelajari dasar-dasar mesin dan teknik dirgantara.

Karena itu, jika berminat atau sedang menempuh studi Teknik Mesin, Teknik Mekanik Industri, Teknik Perancangan dan Gambar Mesin, Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur, dan Teknologi Pesawat Udara, maka kamu bisa mempertimbangkan lanjut studi di jurusan Teknik Mesin atau Teknik Dirgantara.

4. Desain Komunikasi Visual
Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) menyiapkan mahaiswa untuk mahir mensinergikan media cetak, media digital, dan inetraktif di berbagai kasus komunikasi visual, baik desain user interface (UX), branding, desain informasi, desain untuk publik, ilustrasi, fotografi, tipografi, dan desain webuntuk jadi desain media baru, seperti dikutip dari laman prodi Desain Komunikasi Visual Binus University.

Siswa SMK yang tertarik dengan dunia desain komunikasi visual atau sedang belajar teknk Grafika, Desain Grafika, dan Produksi Grafika bisa mempertimbangkan kuliah di jurusan DKV.

 

 

5. Teknik Perkapalan
Jurusan Teknik Perkapalan mengajak mahasiswa belajar, meneliti, mendesain pembangunan kapal, mengembangkan sistem transportasi, hingga menjalankan operasi bisnis dalam armada laut, seperti dikutip dari laman Departemen Teknik Perkapalan ITS.

Jika kamu berminat atau sedang studi Teknik Perkapalan, Konstruksi Kapal Baja, Konstruksi Kapal Non Baja, dan kompetensi lainnya, jurusan kuliah ini mungkin cocok buatmu.

Nah, itu dia beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk tamatan SMK. Jadi, kamu bisa memilih jurusan kuliah sesuai minat, potensi, dan tujuan karier selepas studi.

Facebook Comments

Artikulli paraprakSukses Launching Rumah Tahfizh Ainur Rahmah 9
Artikulli tjetërLapas Terbuka Kelas II B Pasaman, Panen Raya Ikan Mas Bersama Warga Binaan