Beranda Peristiwa Pemuda Panca Marga Sukses Gelar Donor Darah

Pemuda Panca Marga Sukses Gelar Donor Darah

Pemuda Panca Marga
Pasaman Barat | Kaba Sumbar – Pemuda Panca Marga sukses gelar donor darah di Koramil Simpang Empat dalam rangka Peringatan HUT Pemuda Panca Marga (PPM) ke 41 tahun 2022.

Dikatakan Dasrial, Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Panca Marga ini bernilai kesejarahan dan peran yang penting dalam berdirinya sebuah bangsa dan negara.

Seperti kita ketahui bersama bahwa cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia adalah impian semua bangsa di dunia ini, itu makanya dalam era kemerdekaan walau dalam masa pandemi saat ini PPM sebagai organisasi kemasyarakatan juga harus ikut berperan dalam mengisi pembangunan bangsa dan negara.

Pemuda Panca Marga adalah Organisasi kemasyarakatan yang bersifat kekeluargaan dan merupakan wadah berhimpunnya bagi para putra-putri Veteran Republik Indonesia yang memiliki hubungan kesejarahan serta tidak dapat dipisahkan dengan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Sebagai organisasi yang merupakan bahagian keluarga besar TNI/Polri, Pemuda Panca Marga juga sebagai pewaris, pelestarian serta pembudayaan semangat nilai-nilai 45 dalam perwujudan kesetiaan kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.Pemuda Panca Marga

Peringatan HUT yang jatuh pada tanggal 22 Januari 2022 mendatang tersebut dilaksanakan oleh PPM Cabang Pasaman Barat (Pasbar) dengan melaksanakan kegiatan sosial Donor Darah bertempat di Aula Mako Koramil 02 Simpang Empat, Kamis (20/1/2021).

“Banyak manfaat yang bisa didapatkan saat kita melakukan donor darah, terutama bagi orang lain, sedangkan untuk pendonor sendiri bisa meningkatkan produksi sel darah merah dan menjaga kesehatan jantung, karena dengan melakukan donor darah dapat memperlancar aliran darah sehingga bisa mencegah penyumbatan arteri,” Ujar Ketua PPM Pasbar, Dasrial SH didampingi oleh Sekretaris PPM Yunasril, dan Rida Warsa Kepala Markas PMI Pasbar di sela-sela kegiatan donor.

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan dengan adanya kerjasama Kodim 0305 Pasaman yang menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat.

Dari kegiatan Donor darah tersebut, pihaknya berhasil mengumpulkan sebanyak 18 kantong darah.

Adapun hasil donor darah ini akan kita salurkan atau atau diberikan kepada saudara – saudara kita yang membutuhkan.Pemuda Panca Marga

Kegiatan donor darah yang diikuti oleh anggota PPM Pasbar dan Ormas serta masyarakat sekitar tersebut dibantu oleh dua orang dokter dan paramedis delapan orang, pada kesempatan itu terlihat juga hadir Wakil Bupati Pasaman Barat, H. Risnawanto yang juga saat ini sebagai Ketua PMI Kabupaten Pasbar.

Dasrial juga mengatakan bahwa Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Panca Marga pada kesempatan HUT ini memanfaatkan sengaja memilih momen donor darah, adalah sebagai komitmen dalam membantu PMI Pasbar dan instansi Pemda serta TNI POLRI dalam melaksanakan kegiatan kemanusiaan dan kebencanaan.

“Ke depannya kita akan agendakan pelatihan tanggap darurat kebencanaan dan penggalangan donor darah secara berkala, minimal 4 kali setahun,” ungkap Dasrial.Pemuda Panca Marga

Sementara Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto,SE mengucapkan selamat ulang tahun PPM yang ke-41 tahun, semoga donasi donor darah ini menjadi ladang amal ibadah bagi kita semua dan ia juga berterima kasih kepada Pemuda Panca Marga yang telah membantu masyarakat yang membutuh darah.

“Hampir setiap hari, masyarakat kita mencari pendonor darah untuk keluarganya yang sedang dirawat darurat di rumah sakit, semoga dengan bantuan transfusi darah ini, bisa menyelamatkan nyawa masyarakat,” ungkapnya.

Risnawanto juga berharap, melalui komitmen turut membantu Palang Merah Indonesia Pasbar, kita harapkan PPM sebagai organisasi kemasyarakatan mampu menjunjung nilai kemanusiaan dan mampu menggerakkan anggotanya secara berkala untuk jadi pendonor darah dan relawan PMI,” harap Risnawanto.Pemuda Panca Marga

Di kesempatan yang sama, Rommy Candra peserta pendonor darah yang juga tergabung dalam organisasi PPM Pasbar ini mengatakan, kegiatan ini diharapkan akan makin mempererat tali silaturahmi sesama anggota dan masyarakat, terutama dalam setiap kegiatan, hendaknya kita semua diberi kemudahan dan kelancaran serta diberi kesehatan, semoga dalam HUT ini, PPM semakin jaya dan sukses ke depan terutama dalam memberikan pengabdian yang terbaik untuk Pasaman Barat.

“Mari kita jaga kekompakan dan kebersamaan dengan menjunjung persatuan dan kesatuan supaya jiwa nasionalisme para pemuda Pasaman Barat tetap baik dan cerdas serta berahlak dan budi pekerti yang baik,” tutupnya.

(Tim)

Facebook Comments

Artikulli paraprakKepala BKKBN Jatim Sukses Kunjungi Bupati Bangkalan
Artikulli tjetërDirkrimum Polda Banten Diduga Telah Melakukan Pelanggaran Kode Etik