Beranda Kab.50 Kota Desa Balung Cetuskan Safari Ramadhan di Balung XIII Koto Kampar

Desa Balung Cetuskan Safari Ramadhan di Balung XIII Koto Kampar

desa balung
Balung, XIII Koto Kampar I Kaba Sumbar –  Kepala Desa Balung dan masyarakatnya tidak mau meratapi nasibnya. Kendati berada di pelosok Kecamatan XIII Kota Kampar, Kabupaten Kampar- Riau, keinginan untuk bisa seperti desa-desa lainnya tetap mereka pelihara. Seperti halnya menjalankan kehidupan beragama selama Bulan Ramadhan 1444 H ini.   

Kendati tidak pernah dapat kunjungan tim Safari Ramadhan dari manapun, Kepala Desa Balung Kec. XIII Koto Kampar ini, tidak mau diam dan membiarkan warganya meratapi nasib. Muhammad Ujud (36), selaku Kepala Desa Balung, bentuk Tim Safari Ramadhan di desanya.

Pada Safari Ramadhan pertama, dilangsungkan di Masjid Ar-Rahman Dusun Duo. Desa Balung, pada empat Ramadhan 1444 H. Tidak tanggung-tanggung, mereka mendatangkan Penceramah langsung dari Bangkinang, ibu Kabupaten Kampar, berkisar 77 Km dari simpang TanjungBolik.

desa balung

Meski untuk membawa Ustazd Rafli Nugraha, Kades dan warga harus menempuh jalan yang sulit dan berbahaya. Terutama pada cuaca yang kurang baik. Jalan sepanjang 12 Km dari jalan Raya negara Sumbar – Riau bukanlah halangan yang berat bagi warga setempat guna mewujudkan kegiatan meramaikan masjid di sana.

Safari Ramadhan selanjutnya dilangsungkan di di Musholah TOLIBUL IKHSAN Dusun Satu Desa Balung, pada malam ke Lima, Penceramahnya, Ustadz Basri Alkampary,SH, juga didatangkan dari Bangkinang.

Kegiatan Safari Ramadhan berikutnya, dilangsungkan ke Dusun Tiga, pada malam ke delapan Ramadhan. Penceramah yang ditampilkan  ustad Muhammad Kursi,LC, juga dari ibu Kabupaten Kampar.

Pada malam Ramadhan yang ke 9, Safari Ramadhan di laksanakan lagi di Musolah Baitul Muslimin, Dusun Empat, Desa Balung, Penceramah yang dihadirkan yakni Dr. Dasril Amali, M.Hi), Ketua MUI Kecamatan XIII Koto Kampar.

Dari penceramah yang menyampaikan pengajian di sana, secara umum mengajak kaum muslim untuk selalu berbuat kebaikan antar sesama. Selama puasa ini kita harus dapat menjaga pusar dan  seluruh anggota badan kita. Sebab puasa itu bukan hanya menahan haus dan lapar saja,seluruh anggota tubuh kita, ikut kita puasakan untuk menjaga pahala puasa.

desa Balung

Kepala Desa Balung,  Muhammad Ujud dalam sambutannya menyampaikan betapa pentingnya Safari Ramadhan ini, dilaksanakan. Kegiatan ini merupakan  kesempatan dan tempat belajar agama bagi masyarakat di sela-sela kesibukan aktifitas kita sehari – hari.

Menurut M.Ujud , selain melangsungkan Safari Ramadhan ini, juga akan diselenggarakan  perlombaan pembacaan ayat suci Al -Qur’an ( MTQ) mulai tingkat Anak-Anak, remaja dan dewasa untuk putra dan putri di bulan Ramadhan ini.

Toni (35), Kepala DusunDua, mengapresiasi pembentukan Tim Safari Ramadhan Desa Balung ini. Semoga melalui kegiatan Tim Safari ini, akan dapat menjadikan bulan Ramadhan ini sebagai bulan penyucian rohani masyarakat di lima dusun, Desa  Balung. Sehingga sehabis Ramadhan,  kebersihan hati dan jiwa menyemangati warga mencari kehidupan yang lebih baik dan diredhoi Allah SWT.

Penulis : Toni BL & Alen                                                                                                Editor   : Young Slomak

Facebook Comments