Beranda Peristiwa Pemko Padang Terima Penghargaan ‘Smart Society’ dari Kemenkominfo RI

Pemko Padang Terima Penghargaan ‘Smart Society’ dari Kemenkominfo RI

Padang | Kaba Sumbar- Wali Kota Padang Hendri Septa atas nama Pemerintah Kota Padang menerima penghargaan ‘Smart Society‘ dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo).

Penghargaan itu diserahkan oleh Menteri Kominfo RI Johnny G. Plate pada kegiatan Indonesia Smart City Conference, di ICE BSD City, Tangerang Banten, Selasa (14/12/2021).

Piagam Smart CityPenghargaan yang diraih Pemko Padang tersebut berkat banyaknya inovasi yang dilakukan selama ini. Termasuk pelaksanaan masterplan smart city.

“Harapan Hendri Septa tentunya ke depannya Padang dari penghargaan tersebut semakin smart city,” yang diaminkan Kepala Diskominfo Padang Rudy Rinaldy.

Kata Kepala Diskominfo Kota Padang Rudy Rinaldy penghargaan tersebut didapat setelah melalui berbagai tahapan. Seperti tahapan penilaian yang dilakukan beberapa pekan lalu.

“Tim evaluasi smart city menilai Kota Padang mampu menciptakan inovasi di bidang kebencanaan, sehingga meraih penghargaan pada salah satu pilar dari enam pilar smart city tersebut,”

Padang sebagai daerah yang rawan bencana, sudah menyiapkan berbagai program “disaster risk management & disaster risk reduction”.

Dikatakannya, Tsunami Safe Zone (blue line) yang dipasang di berbagai kawasan merupakan salah satu upaya cerdas mengurangi dampak musibah gempa bumi yang diikuti tsunami apabila terjadi di Padang.

Rudy menyebut, inovasi kebencanaan yang selama ini telah dikerjasamakan dengan Telkom University yakni alat pembangkit signal seluler pada saat bencana alam terjadi. Sehingga menyebabkan hilangnya signal seluler, sebagaimana yang dialami oleh Kota Padang saat terjadinya gempa tahun 2009 silam.

“Saat ini alat tersebut sedang dalam tahap pengembangan sesuai dengan kebutuhan, dan menyesuaikan dengan jenis bencana yang ada,” ujar Rudy. (richard)

Facebook Comments

VIAPiagam smart city
SUMBERPenghargaan smart city
Artikulli paraprakPetani Bersyukur, PUPR Pasbar Masih Membangun Irigasi Ditengah Pandemi 2021
Artikulli tjetërBanjir Longsor Kembali Landa Palembayan 2021