Beranda Daerah Peduli Akan Lingkungan, Polres Pasbar Kembali Tanam Magrove di Kawasan Pantai Sasak

Peduli Akan Lingkungan, Polres Pasbar Kembali Tanam Magrove di Kawasan Pantai Sasak

Polres
Pasaman Barat | Kabasumbar.net – Polres Pasaman Barat Polda Sumatera Barat (Sumbar) kembali melakukan penanaman bibit pohon yang dilaksanakan dikawasan Pemukiman Warga dan Pantai Pohon Seribu, Jorong Pondok Nagari Ranah Pasisie, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Rabu (15/11/2023).

Kegiatan penanaman bibit pohon dipimpin langsung oleh Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki didampingi oleh para Pejabat Utama (PJU) Polres Pasaman Barat. Selain itu, juga dihadiri oleh Pj Wali Nagari Ranah Pasisie dan Kepala Jorong Pondok, serta masyarakat setempat.

Penanaman bibit pohon merupakan Program Sepuluh Juta Pohon Bersama Polri, sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan ekosistem yang berada di wilayah hukum Polres Pasaman Barat.Polres

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki mengatakan, penanaman bibit pohon dilaksanakan secara serentak mulai dari jajaran Mabes Polri, Polda dan Polres diseluruh wilayah Republik Indonesia. Program bertajuk “Penanaman Sepuluh Juta Pohon” yang digagas oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Penanaman pohon dilaksanakan secara serentak mulai dari jajaran Mabes Polri, Polda dan Polres di seluruh wilayah Republik Indonesia. Hal ini merupakan bentuk kepedulian terhadap kelestarian dan menjaga ekosistem lingkungan yang berada di wilayah hukum Polres Pasaman Barat.

“Pihaknya merangkul seluruh lapisan masyarakat dalam kegiatan penanaman bibit pohon ini. Selain untuk melestarikan lingkungan, juga sebagai antisipasi ancaman abrasi bagi masyarakat yang bertempat tinggal dikawasan pesisir pantai,” ujarnya.

Diterangkan, penanaman bibit pohon
dilakukan secara bertahap sejak beberapa bulan yang lalu. Saat ini, beberapa pohon pinus dan mangrove sudah terlihat menghijau, sehingga akan menjadi habitat semua makhluk hidup yang ada di laut baik hewan atau tumbuhan, dan juga sebagai pencegahan abrasi pantai.Polres

“Aksi penanaman bibit pohon ini mendapatkan dukungan dari masyarakat sekitar pesisir pantai dan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, sehingga nantinya pohon ini tumbuh menjadi besar dan memberikan keindahan lingkungan alam sekitar,” katanya.

Dijelaskan, terdapat lebih dua hektar lahan
yang menjadi target penghijauan, masing-masingnya di kawasan pinggiran pantai, perbukitan dan daerah yang rawan longsor.
Berbagai jenis bibit pohon yang sudah ditanam diantaranya, bibit pohon mahoni, pinus, trambesi dan mangrove.

Sebanyak 3.570 berbagai jenis bibit pohon
sudah ditanam. Awalnya kita tanam sebanyak 1.900 batang, kemudian 1.300 batang. Hari ini yang ditanam ada sebanyak 370 batang terdiri dari terdiri dari 200 bibit pohon mangrove dan 170 bibit pohon pinus.

“Pihaknya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk dapat menjaga dan merawat bibit pohon yang sudah ditanam, sehingga kedepannya bibit pohon menjadi tumbuh besar agar dapat dinikmati oleh generasi penerus berikutnya, agar kelestarian dan keindahan lingkungan tetap terjaga,” pungkasnya.

(SKL Pasbar)

Facebook Comments