Beranda Teknologi Berkat Startup: Bumi, Bulan dan Mars Bakal Saling Terhubung

Berkat Startup: Bumi, Bulan dan Mars Bakal Saling Terhubung

startup
KabaSumbar.net – Tidak lama lagi planet Bumi, Bulan dan Mars akan saling terhubung berkat broadband yang disediakan oleh Aquarian Space. Startup ini juga baru saja menerima kucuran dana sekitar 650.000 dolar AS atau setara Rp9,3 miliar.

Kucuran dana itu berasal dari Draper Associates yang ditujukan untuk mengerjakan pengembangan startup dan tinjauan teknis untuk menghubungkan Bumi, Bulan, dan Mars dengan broadband.

Pengembangan startup ini bagi Aquarian Space sendiri memiliki tujuan akhir untuk menghadirkan internet berkecepatan tinggi antara Bumi, Bulan, dan Mars pada tahun-tahun mendatang. Bahkan, kapasitas internet itu cukup cepat untuk streaming video 4K.

Perusahaan ini bertujuan untuk menyebarkan sistem komunikasi di Bulan pertamanya pada 2024, dan menciptakan serta meluncurkan apa yang disebutnya Solnet, dibangun di atas kecepatan data komersial tinggi, jaringan satelit pengiriman dengan kecepatan 100 megabit per detik.

Jika digambarkan, itu jauh lebih cepat daripada kecepatan internet rata-rata yang dinikmati orang Amerika Serikat (AS). Penduduk AS biasa berselancar kurang dari 30 MB per detik.

“Pada 2021 ada 13 pendarat, pengorbit, dan penjelajah di dan di sekitar bulan. Pada 2030, kita akan memiliki sekitar 200, menciptakan ekonomi Bulan bernilai miliaran dolar. Tetapi ini tidak dapat terjadi tanpa komunikasi Bumi-ke-Bulan yang solid dan andal,” ujar CEO Aquarian Space, Kelly Larson seperti dikutip dari VOI, Selasa, 22 Maret.

Saat ini, Aquarian Space sedang melakukan tinjauan teknis dengan beberapa perusahaan yang berpartisipasi dalam program Commercial Lunar Payload Services (CLPS) NASA, yang menargetkan misi ke Bulan.

CLPS nantinya akan melihat beberapa muatan, pendarat, dan peralatan ilmiah lainnya turun di Bulan pada 2020-an untuk mendukung program Artemis NASA, yang bertujuan menempatkan manusia di Bulan sekitar dekade ini.

Diharapkan, Aquarian dapat menghadirkan layanan data dan komunikasi ujung ke ujung pada 2024 dengan berbagai perusahaan yang berinteraksi dengannya.

Selain internet berkecepatan tinggi, Aquarian juga akan memasukkan kesadaran situasi ruang angkasa untuk melihat puing-puing ruang angkasa, melacak cuaca luar angkasa dan memberikan informasi ilmiah dari bulan dan dari Mars.

Facebook Comments

Artikulli paraprakHasyim Asy’ari, Anggota KPU: 6 Oktober 2024 Presiden Sudah Terpilih
Artikulli tjetër7 Minuman Penurun Darah Tinggi