Beranda Peristiwa Liputan Khusus Alumni GMNI: Kursi Menteri MENPAN-RB Harus di Isi Orang Nasionalis dan Berpengalaman

Alumni GMNI: Kursi Menteri MENPAN-RB Harus di Isi Orang Nasionalis dan Berpengalaman

(Foto : Presetiajoni Widjojo dan Soni Soemarsono, Istimewa)

Jakarta|KABASUMBAR – Almarhum Tjahjo Kumolo Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau biasa disebut Menpan RB meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Alhasil kursi Menpan RB jadi kosong, hal ini menimbulkan banyak spekulasi dari kalangan politisi hingga kelompok profesional, lantas dari berbagai kalangan dan tokoh pun bertanya-tanya siapa sosok yang tepat mengisi kekosongan ini, salah satunya apakah akan terisi oleh kader PDIP lagi?

Menyikapai persoalan itu kaum muda Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Sandri Rumanama menilai bahwa yang pantas mengisi kursi kekosongan ini adalah sosok figur kader PDIP karena itu jatah dari PDIP

“Ya itu jatah PDI-P wajar kalau kader ataupun kelompok nasionalis dan soekarnois (Se-ideologi) dengan PDIP wajar mengisi kursi Men-PAN-RB tersebut,” Tutur Rumanama, Selasa(5/7/2022)

Menurutnya lagi, bahwa kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi adalah salah satu kementerian yang sangat vital dalam mengelola sistem kepemerintahan dan semangat reformasi di birokrasi, maka harus di isi oleh kelompok nasionalisme dan figur yang berpengalaman.

“Ini posisi kementerian penting, harusnya di isi oleh kalangan nasionalis sebagai semangat ke-indonesian dalam menata mentalitas aparatur negara dan semangat reformasi birokrasi maka sangat penting ditunjuk yang berpengalaman,” Jelasnya

Ia menambahkan ada beberapa nama yang berpengalaman di dunia birokrasi dari kelomok nasionalis seperti, Presetiajoni Widjojo (Deputi Bidang Ekonomi BAPPENAS) dan Soni Soemarsono (Mantan PLT Gubernur DKI Jakarta & Sulawesi Selatan).

“Kalau dari kelompok nasionalis sih banyak figur tapi jika yang pantas dan berpengalaman sih Deputi Ekonomi di BAPPENAS Dr. Prasetijono Widjojo MJ, MA, dan Dr. Soni Sumarsono, M.D.M sangat layak,” paparnya.

Ia juga menilai bahwa kedua orang ini juga adalah orangnya Ibu Megawati Soekarnoputri (Ketua Umum DPP PDIP). “Jika mereka tak dianggap orangnya ibu Mega itu keliru loh, mereka juga orangnya ibu Mega,” Tutup rumanama.

Facebook Comments