Beranda Daerah Wartawan Di Sumatera Utara Resmi Menerima Sertifikat Berlogo Burung Garuda Dari BNSP

Wartawan Di Sumatera Utara Resmi Menerima Sertifikat Berlogo Burung Garuda Dari BNSP

Wartawan Di Sumatera Utara
MEDAN | Kabasumbar.Net – Wartawan di Sumatera Utara resmi menerima Sertifikat berlogo Burung Garuda dari BNSP, hal ini merupakan pertama kalinya wartawan di Sumatera Utara menerima sertifikat resmi berlogo burung garuda yang dikeluarkan oleh BNSP.

Para peserta SKW gelombang pertama I Medan Sumatera Utara menyambut gembira sertifikat yang telah mereka terima pada awal Desember 2022 ini.

Sertifikasi yang diadakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi LSP Pers bersama Badan Nasional Sertifikasi Profesi pada bulan Oktober lalu, tepatnya (03-04/10/2022) lalu di Sumatera Utara telah berhasil dilaksanakan dengan hasil sangat baik.

Sertifikasi Kompetensi Wartawan yang diadakan LSP-P bersama BNSP tersebut, bertujuan untuk melahirkan wartawan – wartawan agar memiliki kompetensi yang lebih baik dan profesional di bidangnya.

BNSP merupakan badan independen nasional yang dibentuk oleh pemerintah untuk memberikan sertifikasi kompetensi kerja di Indonesia.

BNSP bertanggung jawab langsung kepada Presiden, itu makanya hadirnya BNSP di Indonesia bertujuab agar menjadi dewan penjamin dari kualitas SDM Indonesia.

Dengan sertifikat BNSP, setiap wartawan sebagai profesi bisa memberikan pembuktian, bahwa kemampuan yang dimilikinya telah diakui oleh para penguji yang kompeten dari lembaga resmi negara seperti BNSP ini.Wartawan Di Sumatera Utara

Pimpinan Tempat Uji Kompetensi TUK Media Pendamping News ” MPnews” Burju Simatupang ST yang di tunjuk LSP Pers sebagai tempat pelaksana sertifikasi Kompetensi Wartawan di Sumatera Utara menyambut gembira hasil pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Wartawan tersebut.

Burju Simatupang ST mengatakan, dengan mengikuti SKW yang dilaksanakan badan resmi seperti BNSP akan menghasilkan Wartawan wartawan yang lebih Profesional dalam menjalankan profesi Kewartawanannya.

Alex Sander Simatupang salah seorang Pimpinan dan pemilik Media Analisis, yang turut serta dalam Sertifikasi Kompetensi Wartawan tersebut sangat bergembira karena dapat menjadi peserta pertama di Sumatera Utara yang memperoleh Sertifikat resmi berlogo Burung Garuda yang di Keluarkan BNSP pusat.

Alex juga mengatakan, ada baiknya agar para wartawan di Sumatera Utara dapat mengikuti Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW ) yang dilaksanakan oleh badan resmi seperti, Lembaga Sertifikasi Profesi Pers (LSP. P) bersama Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) ini.

“Dengan mengikuti SKW yang dilaksanakan oleh Badan resmi ini, saya yakin kita akan memperoleh pengetahuan dan pengalaman melalui kompetensi yang lebih baik, khususnya sesuai profesi kewartawanan yang kita miliki,” Ujar Alex.

Pada kesempatan tersebut Burju Simatupang ST, Pimpinan dan pemilik Media Pendamping News ‘MPnews’ dan Metropos 24, meminta kepada pemerintah Daerah Propinsi Sumatera Utara, agar dapat memberikan dukungan terhadap pelaksanaan SKW yang dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Pers LSP-P yang bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi BNSP, seperti yang telah dilaksanakan di Sumatera Utara ini.Wartawan Di Sumatera Utara

Harapan kita, ke depannya akan didapatkan para wartawan yang kompeten dan profesional dalam menjalankan tugas Kewartawanannya sekaligus menjadi Mitra yang baik dalam menyampaikan pemberitaan mengenai kegiatan – kegiatan di pemerintahan daerah di Sumatera Utara khususnya.

Sementara itu Edi Anwar salah seorang Asesor LSP Pers pada kesempatan itu menyampaikan, program Sertifikasi ini sudah sejalan dengan apa yang dijalankan oleh Dewan Pers.

“makanya, tujuan kita melakukan sertifikasi ini adalah bagaimana agar Wartawan yang berada di daerah, benar-benar tersertifikasi dan memiliki kompetensi, dan dengan adanya Wartawan yang memiliki standar kompetensi ini, maka akan menepis anggapan adanya Wartawan yang ‘dalam tanda petik’ disebut abal-abal,” terang Edi.

( Zoelnasti )

Facebook Comments