Beranda Kesehatan Setelah Sembuh dari COVID-19 Inilah Makanan Pemulih

Setelah Sembuh dari COVID-19 Inilah Makanan Pemulih

sembuh
KabaSumbar.net- Setelah sembuh dari COVID-19, sebagian orang masih dapat merasakan berbagai gejala jangka panjang atau long-haul COVID-19. Meski begitu, Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi makanan sehat guna mempercepat proses pemulihan.
Kondisi tubuh seseorang yang sudah dinyatakan sembuh dari COVID-19 umumnya akan kembali normal tanpa gejala. Namun, ada beberapa orang yang merasakan long-haul COVID-19, yaitu gejala yang masih dirasakan meski sudah dinyatakan sembuh dari COVID-19

Gejala long-haul COVID-19 yang paling sering adalah mudah lelah sehingga aktivitas menjadi terganggu. Keluhan tersebut bisa diperparah atau dipicu oleh banyak hal, mulai dari gangguan tidur, stres, rasa cemas, hingga pola makan yang buruk.

Makanan Pemulihan setelah Sembuh dari COVID-19

Pola makan turut memengaruhi proses pemulihan dari COVID-19. Hal ini karena mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh dalam melawan penyakit.

Dalam menerapkan pola makan sehat, Anda bisa mulai dari menentukan menu makan harian. Pastikan Anda mengonsumsi berbagai kelompok makanan bergizi seimbang sehingga asupan nutrisi haian bisa terpenuhi.

Nah, salah satu menu makan yang dapat membantu proses pemulihan setelah sembuh dari COVID-19 adalah sup.

Sup dapat menjadi “teman baik” di kala sakit maupun selama pemulihan, karena terdiri dari beragam bahan makanan, seperti daging ayam, telur, serta sayuran seperti jagung, wortel, buncis, dan kacang-kacangan.

Dengan mengonsumsi semangkuk sup, Anda dapat memenuhi asupan gizi seimbang, karena bahan makanan di dalamnya mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sup juga mengandung air yang dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain itu, sup yang dikonsumsi selagi hangat bisa meredakan hidung tersumbat serta melegakan gatal dan nyeri tenggorokan.

Melihat beragam khasiat sup, makanan ini menjadi pilihan yang cocok bagi penderita COVID-19 maupun orang yang sedang dalam masa pemulihan setelah sembuh dari COVID-19.

Cara membuat sup pun tidaklah sulit. Bahkan, kini sudah tersedia sup instan yang mudah dibuat serta bergizi dan tentunya bermanfaat bagi kesehatan. Rasanya pun beragam dan bisa disesuaikan dengan selera. Beberapa contohnya adalah sup kepiting, sup jagung, atau sup ayam,

Sup instan bisa semakin bergizi jika Anda mencampurkan bahan lain, seperti sayuran dan kacang-kacangan. Selain sup, masih banyak menu makan sehat lain yang juga bisa membantu proses pemulihan.

Namun, pastikan menu makan sehat yang dikonsumsi juga berisikan beragam bahan makanan bergizi, seperti daging tanpa lemak, sayur, dan kacang-kacangan. Jangan lupa pula untuk mengonsumsi buah-buahan agar kebutuhan gizi harian terpenuhi dengan baik.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain pola makan, pola hidup sehat juga diperlukan untuk membantu pemulihan setelah sembuh dari COVID-19 dan meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut ini adalah beragam cara yang bisa Anda terapkan untuk menciptakan pola hidup sehat:

  1. Mengonsumsi air putih yang cukup

Pastikan Anda minum air putih yang cukup, yaitu sekitar 8 gelas atau 2 liter setiap harinya. Menurut penelitian, selain mencegah dehidrasi, mengonsumsi air putih yang cukup juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh bekerja secara optimal.

Selain mengonsumsi air putih yang cukup, Anda juga perlu menghindari konsumsi minuman beralkohol dan berkafein, seperti kopi maupun teh.

  1. Berolahraga secara rutin

Meski selama proses pemulihan Anda merasa letih dan lelah, usahakan untuk tetap aktif bergerak dan berolahraga secara rutin. Anda bisa melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki di sekitar rumah. Lakukan secara bertahap agar tubuh bisa menyesuaikan diri.

Jika sudah mulai terbiasa dengan ritmenya, coba tingkatkan dengan berjalan cepat dengan durasi yang lebih panjang. Ingat, jangan paksakan tubuh dan segeralah beristirahat bila Anda mulai merasa kelelahan.

  1. Mengelola stres dengan baik

Stres juga bisa menghambat pemulihan dari COVID-19. Namun, stres dapat dikelola dan diatasi dengan cara mengalihkan perhatian ke aktivitas yang positif, seperti meditasi, menuangkan perasaan ke dalam buku harian, menceritakan keresahan ke orang terdekat, serta menyalurkan hobi.

  1. Mencukupi waktu istirahat

Pastikan Anda mencukupi waktu tidur, yaitu minimal 7 jam setiap malamnya. Jika Anda mengalami insomnia setelah sembuh dari COVID-19, coba atur pola tidur agar tidur dan bangun di waktu atau jam yang sama setiap harinya.

Supaya bisa cepat tidur, ciptakan suasana tidur yang nyaman dengan meredupkan lampu, mematikan TV, dan menjauhkan gadget dari jangkauan Anda.

Menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang sehat memang bisa mempercepat proses pemulihan setelah sembuh dari COVID-19. Hal ini karena keduanya mampu meningkatkan imunitas dan stamina tubuh agar menjadi lebih kuat.

Meski Anda sudah sembuh dari COVID-19, risiko untuk terinfeksi kembali tetap ada. Oleh karena itu, Anda tetap perlu menerapkan protokol kesehatan dengan baik guna menurunkan risiko infeksi berulang.

Jika beragam cara di atas sudah Anda lakukan tetapi berbagai gejala setelah sembuh dari COVID-19 masih berlangsung dan menghambat aktivitas fisik secara menyeluruh, periksakan diri ke dokter agar dapat diberikan terapi atau pengobatan yang tepat dan sesuai keluhan Anda.

Facebook Comments

Artikulli paraprakBeda Batuk Biasa dan Batuk Gejala Covid 19
Artikulli tjetërMasyarakat Butuh Huntara, DPD Sumbar dan DPC Pasbar Partai Demokrat Bangun Huntara