Beranda Daerah Semburan Air Panas Muncul Usai Gempa di Pasaman Barat

Semburan Air Panas Muncul Usai Gempa di Pasaman Barat

semburan air
Pasbar I Kaba Sumbar.net – Semburan air panas tiba-tiba muncul di Bonjol Kabupaten sebelahnya (Kab. Pasaman-red ) Sumatra Barat, sesaat usai gempa yang mengguncang kawasan Pasaman Barat Jumat (25/2).

Semburan air tidak terlalu tinggi, namun rasanya panas. Air itu ke luar dari tanah terlihat seperti air sedang mendidih. Air itu terus mengalir seperti ada sumber air di bawahnya.

Peristiwa semburan air itu terjadi di kawasan Labuah Kaciak Jorong Padang Baru Nagari Ganggo Hilia Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat.

Belum ada penelitian lebih lanjut terkait fenomena Semburan air ini. Namun untuk berjaga-jaga, pihak keamanan meminta warga tidak mendekati kawasan itu. Seperti pemberitaan sebelumnya, gempa darat mengguncang Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat pada Jumat pagi tadi sekitar pukul 08.39 WIB.

Dari data BMKG, gempa pertama bermagnitudo 5.2. Gempa itu terjadi di wilayah 18 kilometer Timur Laut Pasaman Barat. Kedalaman gempa adalah 10 kilometer di lokasi 0.14 LU, 99.99 BT.

semburan air
Bangunan sekolah yang ambruk akibat gempa Pasaman Barat. Banguan itu adalah SD.Negeri 19 Kinali- Pasaman Barat.

Gempa pertama ini terasa cukup kuat, dan banyak warga di beberapa daerah di Sumatra Barat merasakan guncangan tersebut.

Selain di Pasaman Barat, gempa itu juga terasa di kawasan Kota Payakumbuh, Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang dan Kabupaten Lima Puluh Kota. Selain itu, gempa tersebut juga terasa hingga ke Kabupaten Pesisir Selatan.

Empat menit dari kejadian pukul 08.39 WIB itu, gempa kedua kembali mengguncang Pasaman Barat. Gempa itu lebih besar dan bermagnitudo 6.2 yang terjadi di wilayah 17 kilometer Timur Laut Pasaman Barat. Gempa berkedalaman 10 kilometer itu terjadi di wilayah 0.15 LU, 99.98 BT.

Facebook Comments

Artikulli paraprakGempa Magnitudo 6,2 Pasaman Barat Makan Korban Ratusan Orang.
Artikulli tjetërGuncangan Gempa M 6,2 di Pasaman Barat Sumbar, Terasa ke Provinsi Riau