Beranda Daerah Risnawanto Hadiri Wisuda Santri Ponpes Darussalam Angkatan Ke 27

Risnawanto Hadiri Wisuda Santri Ponpes Darussalam Angkatan Ke 27

Wisuda Santri
Pasaman Barat | Kabasumbar.net – Risnawanto Hadiri Wisuda Santri Ponpes Darussalam yang dilaksanakan pada hari Ahad (21/05/2023) di Aula Pondok Pesantren Darussalam Pinaga Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Wakil Bupati Pasaman Barat, H. Risnawanto saat menghadiri acara Wisuda santriwan/Wati akhir kelas VI Angkatan XXVII Tahun 2023 dalam sambutannya menyampaikannya apresiasi dan terima kasih kepada Ponpes Darussalam Pinaga
yang telah mendidik anak – anak Indonesia khususnya anak Pasbar selama enam tahun di pondok pesantren ini.

“Semoga dengan didikan ini anak-anak memiliki ilmu pengetahuan, baik di bidang agama maupun pengusahaan ilmu teknologi,”kata Risnawanto.

Kepada anak-anak yang baru di wisuda Risnawanto berpesan, ikrar yang telah diucapkan agar dibuktikan untuk mengikat diri anak-anak terhadap Ponpes ini.Wisuda Santri

“Kalian buktikan itu secara lahiriah, untuk mengembangkan dirimu agar senantiasa dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena di luar Ponpes ini pertarungan dan tantangan akan lebih besar lagi,” ucap Wakil Bupati.

Wakil Bupati menambahkan, karakter yang telah di bangun selama di Pesantren ini, hendaknya dapat dijadikan sebagai pedoman dan pakaianmu seharian, sehingga ilmu yang diperoleh membentuk karakter yang baik di tengah masyarakat.

“Jadilah orang yang memiliki Budi pekerti yang baik, hormati orang tua, guru, pandai-pandai bergaul dengan sesama. Bila saatnya terjun ke tengah masyarakat, jadilah orang yang selalu menyeru kebaikan, kembangkan terus pendidikanmu dan jangan berhenti menuntut ilmu, lanjutkan terus pendidikanmu dan jangan pernah tinggalkan bukumu,”pesan Risnawanto.

Wakil Bupati juga berpesan kepada orang tua yang hadir, agar jangan hanya memberikan pendidikan kepada anaknya sampaibpada jenjang ini saja, tapi berikanlah kesempatan kepada anak – anak untuk belajar dan terus belajar hingga meraih pendidikan yang lebih tinggi.Wisuda Santri

“Orang bijak mengatakan, orang yang berilmu itu akan diangkat derajatnya, takut dengan Allah, akan mendapat kebahagiaan di dunia dan di akhirat, orang berilmu pahalanya akan mengalir terus hingga akhirat,”terang Risnawanto.

Kegiatan Wisuda sekaligus perpisahan 30 orang santri kelas VI Angkatan ke 27 TP. 2022/2023 ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang sekaligus diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Pondok Pesantren Darussalam Pinaga Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat sejak berdirinya telah meluluskan ratusan santri dan santri wati yang tersebar di berbagai penjuru Nusantara dalam mengembangkan ilmunya.

Bahkan ada beberapa santri yang telah melanjutkan pendidikannya ke beberapa universitas luar negeri di Timur Tengah seperti, Mesir, Yaman, Libanon.

Dalam sambutanya Abuyya H. Munir selaku pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Pinaga menyampaikan ucapan terimakasih kepada orang tua dan wali santri, terutama kehadiran Wabup Pasaman Barat, H. Risnawanto.

” kami bangga dan berterimakasih kepada wali santri yang telah mempercayakan anaknya menimba ilmu di ponpes ini ” ucapnya

Dikatakannya, hari ini merupakan kebahagiaan tersendiri bagi 30 santri dan santri wati yang di wisuda karena telah lulus, mudah-mudahan ke depannya dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi hingga bermanfaat bagi agama, nusa dan bangsa, khususnya dalam pengabdian kepada ke-dua orang tua.Wisuda Santri

Ustadz Munir berpesan kepada para santri yang telah di wisuda, untuk tetap mengingat dan mengharumkan almamater di mana saja nanti berada, “Jadilah pendakwah, pejabat, politikus, entrepreneur yang jujur, karena dengan karakter seperti itu, dunia ini bisa kita bangun. Dan jadilah kalian perekat Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika ini,” pesannya.

Sementara Ustd. Radias Candra S, Pd.I selaku ketua Panitia Pondok Pesantren Darussalam juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua ustadz dan Ustadzah yang telah membimbing para santri/i belajar dan menghapal Al Qur’an.

Ustadz Radias Candra menambahkan, untuk tahun ini Sholah Hudin berhasil menjadi murid terbaik dan rencananya Sholah hudin akan melanjutkan pendidikan nya di mesir.

” Mudah- mudahan ke depannya ponpes kita ini lebih maju lagi dalam mencetak santri /ti yang berprestasi, hingga dapat membanggakan bukan saja ke dua orang tua santri, tapi mampu mengharumkan ponpes dan kabupaten Padaman Barat.

” untuk itu, mari sama – sama kita dukung anak – anak kita dalam menuntut ilmu agama ” Tutup Ustad Candra.

Acara wisuda dan perpisahan santri /ti ponpes Darussalam yang terlihat dihadiri oleh Wakil Bupati Pasaman Barat, H. Risnawanto SE, pengurus ponpes dan pihak yayasan serta tak ketinggalan terlihat juga Camat Pasaman, Kadis Kementrian Agama dan Kominfo serta Kabag Kesra Pasbar termasuk kehadiran para orang tua wali murid, berlangsung khidmat.

Facebook Comments