Beranda DPD RI Nono Tegaskan Pentingnya Memasyarakatkan Pancasila

Nono Tegaskan Pentingnya Memasyarakatkan Pancasila

nono
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Nono Sampono menegaskan mengenai pentingnya memasyarakatkan Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara.

Hal tersebut agar nilai-nilai Pancasila dapat menjadi inspirasi seluruh kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Bangsa Indonesia harus bangga memiliki Pancasila sebagai ideologi yang bisa mengikat bangsa Indonesia yang demikian besar dan majemuk.

“Pancasila adalah konsensus nasional yang dapat diterima semua paham, golongan, dan kelompok masyarakat di Indonesia”, ujar Nono Sampono saat Sosialisasi Empat Pilar di Buano Selatan, Kecamatan Huamual Belakang, Seram Bagian Barat, Jumat (19/5/2023).

Pancasila adalah dasar negara yang mempersatukan bangsa dan mengarahkan bangsa Indonesia dalam mencapai tujuannya.

Dalam posisinya seperti itu, Pancasila merupakan sumber jati diri bangsa, kepribadian, moralitas, dan haluan keselamatan bangsa,” kata Nono Sampono.

Nono menambahkan, Pancasila yang telah dirumuskan sedemikian rupa oleh para founding fathers atau pendiri bangsa ini tentunya memiliki tujuan yang mewakili seluruh Rakyat Indonesia.

Meskipun berbagai usaha dan upaya  pihak atau kelompok tertentu ingin  mengubah Pancasila sebagai ideologi Indonesia, namun usaha tersebut tidak mampu untuk menggoyahkan Pancasila.

“Mengapa kita sebagai bangsa Indonesia mesti bangga, sebab Pancasila mampu menjadi perekat yang kuat seluruh bangsa Indonesia yang sangat beragam dalam wadah NKRI,” ujar Nono

Dilihat dari sejarah, walaupun berbagai usaha dan upaya  orang ataupun sekelompok orang ingin  mengubah Pancasila sebagai ideologi Indonesia, usaha-usaha itu tidak mampu untuk menggoyahkan Pancasila.

Dalam kesempatan tersebut, Nono Sampono juga mengingatkan jangan sampai masyarakat terjebak oleh adu domba-adu domba yang dilontarkan oleh pihak-pihak tertentu demi kepentingan sesaat.

Menurut Nono Sampono, masyarakat Indonesia sangat beruntung karena memiliki Pancasila sebagai dasar.

”Kita beruntung  punya Pancasila, Pancasila ini dengan perjuangan seluruh pihak, kemudian menjadikan Indonesia tetap teguh,  tegak,  tetap eksis, dan tidak terpecah,” ujar dia.

Untuk itu, dia mengingatkan kembali tentang nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Pancasilah yang menjaga bangsa Indonesia dari perpecahan di tengah keberagaman.

“Untuk itulah, saya sangat berpesan kepada masyarakat Buano Selatan, banggalah karena memiliki Pancasila. Lalu, internalisasikan dalam diri masing-masing, untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya.

Editor: Kahirul Ramadan

Facebook Comments