Mengharukan
Pasaman Barat | Kaba Sumbar – Mengharukan Jadi Ini Tujuan dan Maksud yang dilakukan oleh Najjar Lubis, pernyataan sikap tersebut dibuktikan warga secara spontan setelah mereka mendengar adanya investigasi yang dilakukan oleh beberapa media ke desa Sigantang dan desa Saba Julu Rabu, pada (16/02/2022) dengan yel yel dan orasi dukungan.

Siang itu ratusan warga turun menjumpai beberapa media yang melakukan investigasi ke daerahnya, ratusan warga tersebut untuk menyampaikan bukti dukungan mereka terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Najjar Lubis di kampung mereka.

Menurut warga, Najjar Lubis dalam usaha melakukan kegiatan terutama membuka dan membangun daerahnya agar ke luar dari keterisoliran, terutama dalam pembangunan mengejar dari ketertinggalan yang mereka alami selama ini sangat luar biasa.Mengharukan

Aksi turun ke jalan yang mereka gelar di depan beberapa awak media siang itu, bukan unjuk rasa menentang atau memprotes akan suatu kebijakan, tapi memberikan dukungan penuh akan kegiatan yang dilakukan oleh Tokoh mereka selama ini dalam membangun daerahnya.

Mereka menyuarakan dukungannya terhadap Najjar Lubis atas semua operasi pembangunan yang dilakukannya, terutama terhadap pembukaan lahan dan jalan di daerahnya, karena selama ini hal itu tak pernah ada perhatian dari pemerintah setempat.

“Ini adalah aksi, sebagai bukti kami mendukung penuh kegiatan yang dilakukan oleh Najjar, kami kira pak wartawan datang kemari mau mengusik kami dengan pemberitaan, sama seperti yang diberitakan oleh beberapa media kemarin, bahwa kami resah atas kegiatan yang dilakukan Najjar, kami tak pernah resah apa lagi terancam akibat kegiatan tersebut,” ujar Kakek Syaran Matondang salah seorang tokoh dan juga orang tua di Sigantang.

Menurut orang tua Sigantang, Kakek Syaran (72), yang didampingi oleh Kepala Jorong Sigantang dan ratusan emak-emak maupun pemuda setempat, selama ini masyarakat merasa beruntung dan terbantu bahkan rasa terayomi oleh Najjar, bukan saja dalam kebutuhan selama ini, tapi dalam membuka kampung mereka hingga warga dapat mengeluarkan hasil taninya, “ini adalah kerja luar biasa,” tegas Kakek Syaran.Mengharukan

Demikian antara lain disampaikan warga Jorong Sigantang dan Jorong Mudik Simpang pada gelar dukungan yang dilaksanakan pada Rabu siang (16/02/2022) secara langsung di lokasi pembukaan jalan yang sedang dibangun oleh tokoh mereka, Najar.

“Kali ini kami aksi di sini, menunjukkan kalau masih juga ada pihak yang mengatakan kami resah, ke depan kami siap untuk aksi ke Kantor Bupati dan DPRD Pasbar, bahwa kami tidak pernah terganggu apa lagi resah, kami ingin agar pemkab mau turun melihat kampung kami, apa sebenarnya yang terjadi di daerah kami ini, datanglah untuk melihat dan membangun kampung kami ini, jangan hanya mendengar dan melihat dari jauh saja, bahkan mengatakan kami resah, ” ungkap Kakek Syaran.

Aksi siang itu, berdasarkan pantauan beberapa media terlihat sesuatu hal yang berbeda, beberapa media saat itu melihat ratusan massa aksi yang diikuti dari dua desa yakni Jorong Sigantang dan Jorong Sawah Mudik yang berada di nagari Batahan Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat, ini adalah aksi membela dan mendukung kegiatan yang dilakukan oleh salah seorang anak nagari yang telah sekian tahun membangun nagari nya.Mengharukan Hal yang sama juga diungkapkan oleh Bundo Kanduang Sigantang, Nenek Dahrani (68) menurutnya, sebelum warga demo ke kabupaten untuk meminta bupati agar segera turun dan meninjau keadaan apa sebenarnya yang terjadi di daerah mereka, segeralah lah tinjau, apa dan bagaimana sebenarnya yang terjadi, apakah pembangunan desa mereka sudah layak dan sudahkah Pemkab ada memperhatikan kesejahteraan warganya.

Nek Dahrani selaku Bundo kanduang setempat menyampaikan, sejak puluhan tahun lalu mereka merasa terisolir, selama ini mereka bila ingin membawa hasil bumi dan berhubungan dengan dunia luar, mereka melakukannya dengan jalan kaki meski harus menembus hutan puluhan kilometer, namun sejak Najjar Lubis membuka jalan dan membangun daerah mereka, kini warga merasa bersyukur sebab sudah merasa terbantu.

Seperti siang itu, mereka tua muda, laki-laki maupun perempuan secara bersama turun ke lokasi Jalan baru yang sedang dibangun oleh Najjar yang kebetulan berdekatan dengan desa mereka, hingga jalan tersebut mereka jadikan sebagai titik kumpul untuk menyambut kehadiran beberapa media yang mengunjungi daerahnya.

Pada kesempatan itu, ratusan warga menyampaikan agar jangan ganggu kegiatan yang telah dilakukan oleh Najjar Lubis, sebab menurut mereka seperti yang disampaikan oleh Nenek Dahrani, keseriusan Najjar dalam membangun dan memerdekakan kampungnya sangat luar biasa, kini warga di daerah tersebut menurut nenek Dahrani merasa merdeka.

“selama negeri ini merdeka, Bupati Pasbar saja belum dapat melakukan apa yang dibuat oleh Najjar, apa lagi membangun untuk melepaskan kami dari ketertinggalan,” ujar Nenek Dahrani sambil mengusap air matanya.

Dengan meningkatnya hasil perkebunan dan perekonomian di daerah tersebut masyarakat merasa bersyukur, sebab menurut mereka bila di suatu daerah ada investasi sektor pertambangan yang digarap oleh pihak luar biasanya warga setempat bakal semakin terpuruk, bahkan warga tidak bisa leluasa di daerahnya sendiri, namun sejak Najjar Lubis mulai melakukan kegiatan, apa yang digarap oleh tokoh mereka itu, membuat daerah mereka terbuka dan ekonomi mulai membaik.

Mereka berharap, agar Pemkab mendengar dan melihat kemajuan yang dialami daerahnya karena adanya putra daerah mereka yang telah membangun dan membukanya, jangan hanya dengar dan lihat dari jauh saja. ” bagi kami Najjar adalah sosok tokoh yang memerdekakan kami dari keterisoliran selama ini,” ucap Nenek Dahrani berapi-api.

Menurut warga, berdasarkan informasi selama ini bila ada pengusaha atau inves dari luar untuk menggali potensi alam mereka, dampaknya bukan hanya merusak alam tapi juga menyengsarakan warga sekitarnya, makanya mereka khawatir bila ada inves dari luar, maka biasanya rakyat yang akan menderita.

Mereka juga menghimbau kepada sejumlah organisasi dan LSM atau media yang selalu memberitakan dengan mengatas namakan masyarakat resah, itu adalah bohong, padahal mereka tak pernah merasa terancam apa lagi resah seperti yang diberitakan secara sepihak oleh beberapa media belum lama ini.Mengharukan

“Datang dan lihatlah langsung ke lokasi kampung kami ini, kami akan sambut dengan baik dan tunjukan bahwa warga sekitar lokasi pembangunan Najjar ini semua sangat mendukung dan tak ada yang resah,” tambah Bunda kanduang, Nenek Dahrani.

Dikatakan Nenek Dahrani, kalau Najjar Lubis sebagai putra asli sini, kini kami anggap ia sebagai tokoh pejuang dalam memerdekakan kami.

“Kami bukan kampanye. Lagi pula tidak ada yang perlu kamu kampanyekan, tapi kami memastikan bahwa 90% warga mendukung kegiatan yang dilakukan Najjar, karena kami yakin sudah dikelola dengan memperhatikan lingkungan, bahkan ia terus melakukan pembangunan di kampung kami, rasanya dengan kegiatan ini kami merasa dimerdekakan oleh Najjar Lubis, selain itu juga ia telah membuka lapangan kerja yang cukup banyak bagi masyarakat sekitarnya,” ungkap Nenek Dahrani.Mengharukan

“Jangan samakan kegiatan yang dilakukan oleh anak kami Najjar di daerah kami ini, dengan investor dari luar daerah atau penggalian liar yang tak berizin di luar sana, kita tahu kalau pengelola melalui inves dari luar, tentu akan membuat operasionalnya bukan saja angker, tapi dapat kami pastikan lokasi yang ia garap itu tentu akan porak poranda dan menjadi areal yang rusak sebab dikelola dengan tanpa memperhatikan dampak lingkungan,” tegas sang Nenek lagi.

Dalam kesempatan itu, salah seorang warga dan juga tokoh Sigantang, Marlis Matondang yang didampingi Rudi salah seorang Tokoh pemuda setempat memprotes keras pemberitaan sepihak yang mengatakan bahwa warga sekitar resah, “warga yang mana yang dimaksud ? sebagai media hendaknya tidak menilai hanya berdasarkan katanya atau info jarak jauh saja,apa lagi pemberitaan tersebut dikutip dari medsos, atau fb, kami nilai berita itu hanya propaganda dan tidak memiliki kapasitas dalam menyampaikan informasi terkait dengan kegiatan yang ada di lingkungan masyarakat kami ini,” ujar Marlis tegas.Mengharukan

Warga menilai, ada oknum yang selalu gemar mengatas namakan warganya, bahkan beberapa media itu juga selama ini selalu menyuarakan penolakan oleh oknum tersebut terhadap inves kegiatan Najjar di daerah mereka, “seakan – akan mereka, yang bukan warga sekitar yang mengerti dan paham apa yang terjadi di daerah kami ini,” tegasnya.

Kami tidak ingin operasi resmi kegiatan Najjar Lubis terganggu akibat tindakan sepihak dari jaringan yang selama ini kerap membuat pembangunan daerah kami tersendat, apa lagi bila nanti dampaknya banyak warga yang bekerja di sini tidak dapat mencari nafkah lagi, dan bisa jadi juga pembangunan jalan dan sarana lain yang sedang berjalan terhambat, hingga desa kami mengalami kemunduran dalam mengejar ketertinggalan nya.

Mengharukan

Marlis, Matondang tokoh masyarakat yang didampingi oleh Ketua pemuda Sigantang, M. Alberi Matondang dan ketua pemuda Sawah Mudik, Suraman menambahkan, mereka masyarakat Sigantang dan sawah mudik mendukung semua kegiatan yang dilakukan oleh tokoh mereka ini.

“harapan kami dari masyarakat, bagaimana agar daerah kami terbuka seperti daerah lainnya, sebab saat ini hal itu hanya tertumpu pada Najjar Lubis saja, jadi kalau ada isu di luar yang macam-nacam macam, itu semua bohong,”terang Marlis.

(Saipen Kasri)

Sumber : Redaksi Satu Group
Dengan Judul : Warga Dukung Penuh Kegiatan Yang Dilakukan Oleh Najjar

Facebook Comments

Artikulli paraprakDPD RI Secara Kelembagaan Akan Mengajukan Judicial Review Terkait Presidential Threshold
Artikulli tjetërAntisipasi Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Lapas Kelas III Talu