Beranda Daerah Kesalah Pahaman Antara Oknum Polantas Dengan Insan Pers Berujung Damai dan Saling...

Kesalah Pahaman Antara Oknum Polantas Dengan Insan Pers Berujung Damai dan Saling Memaafkan

Oknum Polantas
Pasaman Barat – Kesalah-pahaman antara oknum Polantas dengan Insan Pers berujung damai dan saling memaafkan, setelah beberapa wartawan Pasbar melaporkan oknum tersebut ke Propam Polres Pasaman Barat pada Senin, (30/10/2023).

Laporan tersebut berawal dari adanya gesekan atau insiden kecil yang terjadi antara insan pers dengan oknum Polantas Res Pasaman Barat, saat meliput operasi razia kelengkapan kendaraan dan surat izin mengemudi (SIM) pada Sabtu malam, (28/10/2028).

Di mana, atas tindakan arogansi dan penghinaan yang dilakukan oleh salah seorang Oknum Polantas Res Pasaman Barat semakin ramai, dengan adanya pemberitaan di berbagai media on-line lokal maupun nasional beberapa hari ini.

Akibat dari tindakan tidak menyenangkan tersebut, akhirnya Senin pagi (30/10/2023) sekitar pukul 10.15.WIB. beberapa wartawan Pasbar melaporkan oknum tersebut ke Propam Polres Pasaman Barat.Oknum Polantas

Kehadiran puluhan Insan Pers pagi itu ke Polres Pasbar disambut baik, dalam suasana penuh kekeluargaan oleh Kasi Propam Polres Pasaman Barat, Iptu R.Pasaribu yang didampingi oleh Kasat Lantas, Iptu M Irsyad dan Kasi Humas Polres Pasaman Barat AKP Rosminarti serta beberapa PJU di lingkungan Polres Kabupaten Pasaman Barat.

Proses laporan yang berlangsung penuh keakraban tersebut diawali dengan diskusi terkait keterbukaan informasi publik dan jalinan kemitraan antara Jajaran Polres dengan insan pers yang ada di Pasbar.

Dari diskusi yang berlangsung hampir dua jam tersebut, akhirnya laporan rekan-rekan Insan Pers Pasbar diterima dengan baik oleh pihak Propam dan ke dua belah pihak sepakat menyudahi gesekan yang ternyata hanya karena adanya kesalah-pahaman, dengan saling memaafkan.Oknum Polantas

Dikatakan oleh Kapolres Pasbar, AKBP Agung Basuki yang disampaikan melalui Kasi Propam, Iptu R.Pasaribu yang didampingi oleh Kasat Lantas, Iptu M Irsyad dan Kasi Humas Polres Pasaman Barat AKP Rosminarti, ia berharap kejadian ini menjadi pembelajaran bagi semua pihak dan menjadikan lebih eratnya jalinan hubungan yang harmonis ke depannya.

“Mari kita menjalin hubungan silaturahmi yang lebih kuat dan lebih baik lagi ke depannya dan setelah kita lakukan mediasi atas peristiwa kemaren malam, kita telah sepakat hal itu murni hanya kesalahpahaman dan mis komunikasi, ” Ujar Pasaribu.

Menurutnya, sebelumnya pihaknya juga telah memberikan sanksi teguran terhadap anggotanya yang melakukan tindakan gesekan tersebut dan berjanji akan melaporkan hasil laporan diskusi hari ini ke Polres Pasbar secara internal.Oknum Polantas

Pasaribu menyampaikan terimakasih atas adanya laporan ini, dan melalui kesempatan dialog yang penuh keakraban ini, ia juga memohon maaf kepada Insan Pers Pasbar atas adanya tindakan kesalah pahaman atau miss komunikasi yang terjadi di lapangan kemarin.

“Kalaupun ke depan ada kesalahpahaman, saya berharap bisa dibicarakan dengan baik-baik seperti yang kita lakukan pada hari ini, semua yang sudah terjadi itu, bisa kita jadikan sebuah pembelajaran yang sangat berharga,” harap Iptu R.Pasaribu.

Hal senada juga disampaikan oleh Kasat Lantas, Iptu M. Irsyad. Menurutnya adanya laporan yang diawali dengan dialog dan diskusi yang berakhir dengan mediasi perdamaian ini, adalah merupakan harapan kita semua, yang ke depannya dapat kita perbaiki bersama.Oknum Polantas

“semua permasalahan dan keluhan, telah sama kita sampaikan, dan semoga apa yang kita harapkan yakni meningkatkan jalinan kemitraan dan silaturahmi, ke depannya dapat terjalin lebih baik lagi,” ungkap Irsyad.

Kasat lantas juga menyampaikan harapan semoga ke depan sudah tidak ada permasalahan, “kami akan selalu siap menerima kritisi dan masukan terkait kinerja kami di lapangan,dan kami di sini tidak alergi terhadap kritisi, selagi masukan itu bertujuan membangun dan menuju pada perbaikan menjadi lebih baik,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Kasi Humas Polres, AKP Rosminarti menyampaikan, melalui mediasi di kesempatan pertemuan dalam bentuk silaturahmi hari ini, semoga dapat dijadikan pembelajaran dan hendaknya kesolidan ini terus terjaga, terutama dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif ke depannya.Oknum Polantas

“Semoga silaturahmi dan kerja sama ini dapat terus terjalin, hingga upaya kepolisian dalam meningkatkan pelayanan, terutama untuk mengetahui situasi kamtibmas dan permasalahan yang terjadi, dapat diselesaikan dengan cepat, aman dan lancar, hingga kita semua dapat menciptakan situasi yang aman dan kondusif,”pinta Rosminarti.

Mediasi yang dilakukan pun berjalan lancar, di mana ke-dua pihak bersepakat damai dan saling memaafkan.

Diakhir acara, Kasi Propam, Iptu R.Pasaribu, Kasat Lantas, Iptu M Irsyad dan Kasi Humas Polres Pasaman Barat AKP Rosminarti bersama jajarannya khususnya oknum personil Lantas Briptu Nanda, bersalaman dan foto bersama dengan seluruh Insan pers yang hadir. 

(Zoelnasti)

Facebook Comments