Beranda Daerah Payakumbuh Jumat Berkah Di Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah Payakumbuh

Jumat Berkah Di Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah Payakumbuh

Jumat Berkah
para Emak-eamak mengumpulakan nasi dan penaganan yang diantar ibu-ibu warga Talawi utuk santap jamaah jumatan di talawi.
Talawi Payakumbuh I Kaba sumbar.net – Jumat Berkah. Sudah menjadi kegiatan rutin di Masjid Al-Mutawahidah melaksanakan Jumat Berkah.  Setiap warga Talawi kelurahan Ompang Tanah Sirah berbondong-bondong mengantarkan makanan untuk Jemaah yang akan melaksanakan sholat Jum’at. Dan setelah melaksanakan sholat Jum’at, para Jemaah akan mengambil makanan yang telah dibawakan oleh warga kususnya dari kalangan ibu-ibu di tempat yang telah disediakan.

Kornita sofia S.Ag (51), salah seorang ibu warga setempat mengatakan bahwa, kegiatan Jumat Berkah semacam itu sudah berlangsung satu tahun.  Para ibu demikian antusias  mengantarkan nasi, lengkap dengan lauk pauk setiap jum’at. Kegiatan ibadah itu  “ kami namakan  Jum’at berkah “

Hal serupa juga diungkapkan, Nomi (55),. ibu dari tiga anak ini menyambut kegiatan Jumat berkah ini dengan penuh sukacita. Menurutnya berbagi dan bersedekah itu merupakan anjuran yang diajarkan Rasulullah Muhammad S.A.W.

Dalam kesempatan yang sama, Sofia (58), kepada awak media mengungkapkan bahwa selain mengantarkan nasi dan penganan kue dan buah-buahan, dintaranya menjadi donator tetap mengantarkan makanan pada setiap Jumat tersebut.

Sebagaimana lazimnya kaum ibu, kata Sofia, setelah mengantarkan nasi tersebut para ibu-ibu mengungkapkan kebahagian mereka, dengan bercengkrama di teras masjid. Kegiatan Jumat Berkah itu merupakan moment untuk bersilahturahmi, berkumpul dan bercerita di teras masjid sambil menunggu Jemaah usai sholat Jum’at .

Hasil pantauan awak media, tergambar betapa  kegiatan “Jumat Berkah” itu menjadi sebuah medium keakraban antar sesama warga dengan jamah lain yang melaksanakan ibadah Jumatan di Masjid setempat.

Tawa ria penuh keakraban mewarnai santap makan bersama itu. Makanan yang mereka ambil sendiri di tempat yang disediakan para emak-emak warga setempat, menjadi rangsangan tersendiri, yang dapat menambah selera makan jamaah.

Hal ini merupakan tradisi yang baik dan harus dipertahankan, kata Bima Ibnu Falahk (23). Ketua Karang Taruna Talawi kelurahan Ompang Tanah Sirah ini, menghimbau pada generasi muda setempat kiranya dapat mewarisi spirit kebersamaan yang telah dilakukan para orang tua kita di Talawi ini.

jumat Berkah

Untuk mempertahan  dan melanjutkan tradisi semacam itu, menurut Bima, bukanlah pekerjaan yang mudah. Pengaruh tuntutan kehidupan di era digitalisasi ini cenderung membuat masyarakat menjadi individualistis yang tinggi.Kebiasaan dalam berinteraksi sosial yang selama ini mejadi tradisi dan budaya masyarakat berangsur tergredasi, ujar Bima.

Jumat berkah

Melalui aktivitas Jumat berkah seperti ini, pemuda dapat belajar, bagaiaman nilai-nilai kebersamaan yang ada di Talawi ini. Untuk itu Bima mangajak kalangan muda untuk menanamkan nilai- nilai, yang telah dibangun para tetua kita, pungkasnya.

Melalui media ini, Nasmi (51) menghimbau pada warga Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah

untuk tidak makan siang di rumah, sebalum sholat jumat. Makan bersama pada Jumat berkah itu kata pemuka masyarakat ini merupakan sebuah Rahmat yang bernilai ibadah di mata Allah SWT.

 

Penulis Berita  BimaIB99

Facebook Comments