Beranda Daerah Jasa Huller Padi Keliling Kampung

Jasa Huller Padi Keliling Kampung

Huller Padi
Huller Padi milik Kisman. Siap dipanggil datang ke rumah petani
Jika musim panen padi tiba, maka itu adalah hari-hari bagi Kisman (43). membuat kebisingan dengan bunyi mesin dompeng penggerak Huller padinya di halaman rumah- rumah penduduk di seputaran Kecamatan Harau Kab. Limapuluh-kota- Sumatera Barat .

Lelaki pemilik Huller padi ini akrab dipanggil dengan nama Ikis. Ia mengaku sudah delapan belas tahun menjalani usaha huller padi berkeliling kampung.

Huller padi yang terpasang di atas kenderaan yang menyerupai bingkai mobil itu bukanlah barang baru bagi masyarakat pedesaan. Kenderaan dengan perangkat pengupas padi ini relatif banyak beroperasi di pedesaan, khususnya di Kabupaten Limapuluh-Kota Sumatera Barat.

Praktek Huller padi keliling seperti  yang dijalani Kisman, sangat besar perannya bagi pengolahan padi petani. Masyarakat petani tidak lagi bersusah-susah membawa karung padi mereka ke Huller konvensional yang letaknya memerlukan kenderaan untuk menjangkaunya.

Dengan menggunakan telepon seluler, para pengusaha huller keliling akan datang ke rumah petani yang memesan. Dan upah penggilingan padi tersebut cukup berupa tekongan beras hasil penggilingan.

Seperti yang dilakukan Kisman. Satu belek ( Kaleng Cat besar) isi 10 gantang beras, Kisman mngambil upah giling padi sebanyak dua cupak ukuran 1 liter.

Ketika ditanya berapa penghasilan beras upah penggilingan padi rata-rata sehari, ayah tiga orang anak ini sedikit mengeluh. Sekarang  ia hanya bisa membawa pulang satu belek saja sehari, yakni sekitar sepuluh gantang . Pada tahun tahun sebelumnya, kata Kisman, ia bisa memperoleh hasil upah pengilingan tiga setengah sampai empat belek sehari.

Kurangnya penghasilan itu menurut Kisman lebih disebabkan, tidak serentaknya masa tanam padi di sawah. Lelaki yang berdomisili di Kandang Lamo Sarilamak ini mengatakan juga, bahwa petani di Kenagarian Sarilamak ini, menanam padinya tidak serentak. Dan itu berakibat rendahnya hasil panen padi petani.

Dalam kesempatan dialog menjelang Kisman berangkat untuk memenuhi panggilan via telp untuk menggiling pada petani lainnya,Kisman memberikan no Kontak Hp dan Wa nya ( 0852 6382 9424 ) bagi yang memerlukan jasa pelayanannya.

 

Facebook Comments

Artikulli paraprakSaat gelar Gebyar Vaksin Kapolres Pasbar Bagikan 200 Paket Sembako
Artikulli tjetërDitengah Keterpurukan Ekonomi RSB Uswah Berbagi Sambil Beramal