Beranda Uncategorized Dinas PUPR Pasaman Barat Kembali Lontarkan Anggaran Dana Belasan Miliar Untuk Peningkatan...

Dinas PUPR Pasaman Barat Kembali Lontarkan Anggaran Dana Belasan Miliar Untuk Peningkatan Jalan Disejumlah Titik Lokasi

Dinas
PARIWARA PUPR PASAMAN BARAT
Pasaman Barat | Kabasumbar.net – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui Bidang Bina Marga menggelontorkan anggaran belasan miliar rupiah untuk peningkatan jalan di sejumlah titik lokasi di Kabupaten Pasbar.

Peningkatan jalan tersebut bertujuan untuk memudahkan akses dan mobilisasi masyarakat, pendistribusian logistik serta pertumbuhan dan perkembangan objek wisata yang akan menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pasbar, Jhon Hendri kepada wartawan, Kamis, 7 September 2023 mengatakan, di tahun 2023 Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pasbar melalui Dinas PUPR Kabupaten telah menganggarkan dana untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten Pasaman Barat.

Dinas
SEKRETARIS DINAS PUPR PASAMAN BARAT, MIRZAREFI, SE.

Pembangunan infrastruktur tersebut diantaranya adalah pembangunan dan rehabilitasi gedung, pembangunan jembatan dan pengaspalan jalan di daerah terpencil.

Khusus di Bidang Bina Marga, Pemda telah mengucurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) kabupaten Pasaman Barat kurang lebih sebesar 30 miliar rupiah untuk pembangunan dan peningkatan jalan di sejumlah titik lokasi.

“Pembangunan telah kita anggarkan, sekarang sudah tahap pengerjaan, semoga berjalan lancar hingga selesai,” ucapnya.

Jhon Hendri menambahkan, pihaknya meminta kepada setiap rekanan proyek untuk dapat bekerja dengan baik dan tepat waktu. Kontraktor diharapkan bisa bekerja sesuai spek sesuai dengan perencanaan pembangunan.

“Kita harap rekanan bisa bekerja dengan baik dan tepat waktu, sehingga pembangunan dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas (Sekdis) PUPR Kabupaten Pasbar Mirzarefi mengatakan, di tahun 2023 Dinas PUPR Kabupaten Pasbar melakukan pembangunan peningkatan mutu jalan di empat titik lokasi yang berbeda.Dinas

Semua proyek tersebut sedang dikerjakan oleh setiap rekanan yang memenangkan tender dan ditargetkan selesai hingga akhir tahun 2023 mendatang.

“Sudah tahap pengerjaan, kita berharap pengerjaan selesai hingga akhir tahun ini,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, sejumlah proyek peningkatan mutu jalan tersebut di antaranya adalah, peningkatan jalan Paket I yang dikerjakan oleh PT. Hariyona dengan pagu dana sebesar Rp 9.873.959.000 rupiah.Dinas

Paket tersebut terdiri dari 2 ruas jalan, yaitu Peningkatan Jalan dari Karambia Ampek menuju Pondok Sasak Kecamatan Ranah Pasisie dengan pagu dana sebesar Rp 3.797.809.000 dan Peningkatan Jalan Kampuang Duo Karambia Ampek sebesar Rp 6.076.150.000.

Selanjutnya, Peningkatan Jalan Simpang Bedeng – Koto Baru Rp 6.230.282.000 yang dikerjakan oleh PT. Wahana Mitra Kontrindo dan Peningkatan Jalan Paroman Sawah – Kampung Pinang Rp 4.660.606.000 yang di kerjakan oleh PT. Hariyona.

“Total ada empat titik peningkatan jalan, semuanya berasal dari Dana DAK kabupaten Pasbar tahun 2023,” ujarnya.Dinas

Sementara itu, Manager Pelaksanaan PT. Wahana Mitra Kontrindo, Gufri Kuanda mengatakan, pihaknya akan berusaha dan bekerja dengan baik sesuai standar dan spesifikasi proyek pembangunan.

Pengerjaan proyek ditargetkan selesai hingga akhir tahun mendatang, meski memiliki sejumlah rintangan yang berat, yang diantaranya adalah faktor cuaca yang buruk karena memasuki musim penghujan dan tertundanya pencairan uang muka disebabkan adanya penggantian pejabat di jajaran Dinas PUPR Kabupaten Pasaman Barat.

“Tantangan kita adalah kendala cuaca karena memasuki musim penghujan dan terjadinya keterlambatan pencairan uang muka sehingga kami terkendala dalam memulai pelaksanaan pekerjaan sesuai jadwal kontrak. Namun kita targetkan, proyek kita selesai hingga akhir tahun nanti,” ungkapnya.Dinas

Sementara itu, salah seorang pemuda Kampung Dua, Haryanto sangat berterima kasih serta mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Pasbar yang telah membangun jalan dari Kampuang Duo menuju Karambia Ampek, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie tersebut.

Menurutnya, akses jalan itu akan berdampak baik pada perekonomian masyarakat sekitar nantinya, karena jalan tersebut juga akan terhubung dengan objek wisata pantai Pohon Seribu, Kenagarian Sasak.

“Terima kasih kepada Pemda dan terima kasih PT. Haryona yang telah mengerjakan peningkatan jalan Kampuang Duo Karambia Ampek ini. Akhirnya yang kami nanti selama ini bisa terwujud. Semoga pekerjaan cepat selesai dan minat wisatawan untuk berkunjung ke pantai Sasak juga lebih meningkat,” pungkas Haryanto mengakhiri.

(AJOPASBAR)

Facebook Comments