Beranda Daerah Bupati Pasbar Hadiri Pelaksanaan Musrenbang RKPD 2023

Bupati Pasbar Hadiri Pelaksanaan Musrenbang RKPD 2023

Bupati Pasbar Hadiri
Pasaman BaratKabasumbar.net: Bupati Pasbar hadiri pelaksanaan Musrenbang RKPD 2023 Kecamatan Luhak Nan Dua di Aula Kecamatan Rabu, (25/01/2023).

Pada kesempatan tersebut Bupati H. Hamsuardi menginginkan adanya Inovasi dan sinergitas dari seluruh stakeholder yang hadir dalam menyerap semua aspirasi yang ada.

Hal tersebut terungkap saat Bupati Pasbar, H. Hamsuardi menyampaikan sambutan saat membuka secara resmi acara Musrenbang Tingkat Kecamatan Luhak Nan Dua Tahun 2023 di hadapan peserta Musyawarah Kecamatan Luhak Nan Dua tahun 2023 di Aula Rabu, (25/01/2023).

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Tahun 2023, dengan Tema Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan Kualitas SDM serta Infrastruktur Dasar, terlihat selain dihadiri langsung oleh Bupati, H. Hamsuardi juga hadir Asisten, Kepala OPD, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Pasbar, Nina Bahar, Camat Luhak Nan Dua, Forkompinca, dan Pj. Wali Nagari Koto Baru, Pj. Wali Nagari Kapar bersama Kepala Jorong juga BPD atau Bamus Nagari Koto Baru maupun Bamus Nagari Kapar serta Tokoh masyarakat tak ketinggalan delegasi dari masing-masing Nagari.

Bupati menyampaikan, kehadiran semua pihak pada kegiatan musrenbang ini, membuktikan tingginya kepedulian masyarakat terhadap perencanaan pembangunan daerahnya demi kemajuan Pasaman Barat.

“Para Pj. Wali bersama BPD atau Bamus harus memetakan program mana yang pendanaannya bersumber dari APBN, APBD, dan Dana Desa, harus tepat sumber dan tepat pemanfaatannya agar tidak merugikan masyarakat. Dan apa yang menjadi prioritas dapat terlaksana”.tegasnya.Bupati Pasbar Hadiri

Kemudian beliau menambahkan, semua usulan dari Nagari harus diserap oleh SKPD kemudian dalam menyusun program kegiatan supaya menyasar kepentingan masyarakat Nagari agar program yang ada dalam RPJMD dan RPJMNagari selaras berdasarkan ranking skala prioritas, hingga dapat sejalan melalui musyawarah.

Bupati menghimbau, dalam menyusun perencanaan anggaran, benar-benar strategis agar sektor pendapatan masyarakat dari sektor pertanian, perkebunan, perikanan, pertambangan, pariwisata dan lain-lain dapat meningkatkan daya saing ekonomi.

Dikatakannya, pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan ini merupakan amanat UU 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, termasuk tata cara perubahan rencana jangka panjang dan jangka menengah.

“ini merupakan forum pembahasan dari hasil daftar usulan Nagari di lingkup Kecamatan dalam bentuk penajaman dan penyelarasan hingga dapat di musyawarahkan dengan prioritas pembangunan daerah,” terang Hamsuardi.Bupati Pasbar Hadiri

Di akhir sambutan dan arahannya Bupati mengatakan Musrenbang tingkat kecamatan tahun 1023 ini merupakan tahapan penyusunan rencana kerja tahun ke tiga di masa kepemimpinannya, untuk itu Bupati mengajak seluruh yang hadir agar dapat secara bersama berkolaborasi mendukung visi Bupati lima tahun ke depan yakni, mewujudkan Pasaman Barat yang Bermartabat, Agamais, Maju dan Sejahtera.

“Kita di pemda dan DPR akan selalu bersinergi untuk mewujudkan visi-misi tersebut, sehingga selain pembangunan infrastruktur fisik, pembangunan SDM, untuk itu partisipasi aktif dari masyarakat berupa masukan sangat kita harapakan,”terang Hamsuardi mengakhiri.

(Zoelnasti/Saipen Kasri)

Facebook Comments