bupati

Jakarta | Kaba Sumbar- Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak  Bandaro Rajo secara terbuka mengajak pemerintah dan dunia usaha Republik Rumania berinvestasi sekaligus transfer teknologi di Limapuluh Kota. Selasa, 15/12 kemaren malam.

Pertemuan Bupati Kab.Limapuluh Kota dengan Dubes RI untuk Rumania dan Moldova menyertakan sejumlah praktisi dunia usaha dan profesional di Rumania. Pertemuan itu dimaksudkan sebagai langkah strategis  untuk menawarkan peluang investasi di Indonesia khususnya di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Khusus saya undang Bupati Limapuluh Kota. Saya melihat potensi kabupaten ini sangat besar terutama di bidang pertanian, peternakan dan pariwisata,” kata Dubes Amhar.

Turut mendampingi Bupati pada pertemuan itu, Anggota Fraksi Golkar DPRD Doni Ikhlas, Pelaksana Tugas Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Aimel Nazra, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Eki Hari Purnama dan Ketua TP PKK Nevi Zulvia Safaruddin.

“Kita sangat mengapresiasi undangan Pak Dubes, terlebih lagi ini dalam usaha kita mendatangkan investasi ke daerah, ternyata sangat direspon Pak Dubes,” ungkap Bupati seusai pertemuan.

Dalam kesempatan itu, Bupati memaparkan sejumlah potensi Kabupaten Limapuluh Kota yang siap untuk ditawarkan kepada delegasi Rumania, mulai dari sektor pariwisata, pertanian, air bersih dan konservasi alam. Sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah untuk menyambut investasi, Bupati menyampaikan siap untuk memfasilitasi insfrastruktur penunjang, penyediaan lahan usaha, serta tata kelola kebijakan yang ramah investasi.

Kesemuanya itu, ungkap Bupati adalah implementasi dari rencana pembangunan daerah yang membuka diri terhadap masuknya investasi dalam negeri dan asing dalam rangka menggerakkan perekonomian daerah. “Banyak aspek yg dibicarakan. Semua tentang investasi yang cocok untuk Limapuluh Kota, langkah kita berikutnya tentu merumuskan kesiapan kita menyambut animo mereka ke Limapuluh Kota,  kita berharap kerja sama ini bisa segera direalisasikan dalam waktu dekat tentunya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, ” kata Bupati.

Makanya, untuk lebih mengenal potensi  sumber daya perkenominan lebih terinci, kata Bupati,” Kami mengundang Pak Dubes dan pengusaha Rumania untuk datang ke Limapuluh Kota.”

Menjelang hal itu terealisasi kepada jajaran organisasi perangkat daerah terutama dinas teknis diminta Bupati untuk melahirkan konsep kerja sama yang terencana, logis, terukur dan rasional, terhadap peluang-peluang investasi yang bakal ditawarkan kepada pihak Rumania.

Delegasi  Rumania yang datang pada pertemuan itu terdiri atas dunia usaha, kalangan profesional dan staf Kedubes RI di Rumania. Diantaranya  delapan pengusaha, seorang staf diplomat dan seorang penterjemah.

Adapun bidang-bidang yang mereka geluti adalah pengelolaan Blok Migas, pengusaha rekayasa cuaca untuk atasi kebakaran hutan dan lahan, pengelolaan air bersih, pengelolaan limbah, penggemukan sapi perah dan sapi pedaging, serta perkebunan anggur. (**)

Facebook Comments

Artikulli paraprakPORKOTA Padang Tahun 2021 Dimulai, 2.339 Atlit  Unjuk Prestasi
Artikulli tjetërPemko Padang Perkuat Sinergi Dengan Perguruan Tinggi, Wujudkan Kampung Tematik