Beranda Pariwisata Kuliner 5 Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan

5 Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan

buah sukun
Selain pisang dan singkong goreng, buah sukun goreng juga merupakan salah satu kudapan lezat yang disantap saat bersantai. Demikian juga dengan makanan lainnya hasil olahan dari buah Sukun. Menyantapnya dengan the ataupun kopi hangat bisa jadi pilihan yang sangat cocok. Bahkan manfaat buah sukun juga sangat banyak, sehingga sayang untuk dilewatkan.
Selain itu, buah dengan nama ilmiah Artocarpus Altilis ini termasuk dalam kelompok sayuran. Bahkan ia termasuk dalam famili murbei atau mulberry, sehingga ia sering kali dianggap sebagai jenis mulberry.  Buah ini juga paling sering ditemukan Kepulauan Pasifik Barat dan Semenanjung Malaya. Dengan warna hijau dari luar dan kuning dari dalam, dagingnya cukup lembut dan sangat cocok untuk dijadikan berbagai hidangan.

buah sukun

Manfaat  Sukun untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat sukun yang perlu kamu ketahui:

1.Buah Sukun Mengenyangkan Perut

Dalam 100 gram, kamu bisa mendapatkan  24,5 gram karbohidrat. Ini berarti kamu bisa memenuhi sekitar 10 persen kebutuhan karbohidrat harian. Selain itu, ia juga kaya alam kandungan serat dan proteinnya yang akan membuat siapa saja yang memakannya merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Selain itu, jenis karbohidrat pada buah ini termasuk dalam karbohidrat kompleks yang akan memakan waktu lebih lama untuk bisa dicerna tubuh. Begitu juga dengan kandungan serat dan protein di dalamnya.

buah sukun

2.Melawan Radikal Bebas

Sukun ternyata juga mengandung beberapa jenis antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Dua jenis antioksidan tersebut adalah phenolic dan flavonoid. Selain itu, jenis buah sukun yang memiliki warna daging buah kuning-oranye diduga memiliki lebih banyak kandungan antioksidan seperti xanthin dan lutein yang akan membuat kamu terhindar dari radikal bebas akibat aktivitas sehari-hari.

3.Buah Sukun Bisa Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Karena mengandung serat yang tinggi, juga diduga bisa menurunkan kolesterol darah dengan cara mencegah penyerapan kolesterol dari sistem pencernaan. Tak hanya itu saja, serat dari sukun juga mampu menurunkan risiko obesitas, menurunkan tekanan darah, dan melindungi usus besar dari senyawa kimia pemicu penyakit kanker.

4.Memelihara Kesehatan Peredaran Darah

Sukun yang segar juga memiliki kandungan kalium, zat besi, serta berbagai mineral lain yang cukup tinggi. Kandungan mineral ini sangat penting karena ia bisa menjaga kestabilan denyut jantung dan tekanan darah. Selain itu, senyawa fitokimia pada buah sukun juga bisa membantu mencegah penyempitan dan pengerasan pembuluh darah akibat timbunan kolesterol.

  1. Buah Sukun Bisa Mencegah Penyakit

Jika kamu mengira bisa mencegah kamu dari penyakit hanyalah apel atau jeruk, maka kamu salah besar. Pasalnya sukun juga bisa membantu kamu terhindar dari berbagai penyakit karena di dalamnya terdapat vitamin C yang cukup tinggi.

Dalam 100 gram sukun, kamu bisa mendapatkan 29 miligram vitamin C yang berarti ia akan memenuhi 48 persen kebutuhan vitamin C harian. Ingat, konsumsi buahan tinggi vitamin C ini akan membantu tubuh melawan serangan penyakit dan radikal bebas yang berbahaya.

Selain itu, supaya kamu mendapatkan manfaatnya secara maksimal, ada baiknya untuk mengolahnya dengan cara yang lebih sehat. Seperti dengan mengukus atau merebusnya.

Itulah beberapa manfaat sukun untuk kesehatan yang perlu kamu tahu. Jadi, tidak ada salahnya untuk sesekali mengganti camilan kamu dengan sukun. Namun jika kamu masih ingin tahu lebih banyak seputar manfaat sukun atau rekomendasi makanan sehat lain, kamu bisa tanya pada dokter.

Facebook Comments

Artikulli paraprakPerempuan & Keterwakilannya Minimal 30 Persen di KPU-Bawaslu.
Artikulli tjetërKejagung Tangkap Buronan Kasus Penambangan liar