Beranda Kesehatan 5 Cara Hadapi Ibadah Puasa Pertama Agar Lancar

5 Cara Hadapi Ibadah Puasa Pertama Agar Lancar

ibadah puasa
KabaSumbar.net – Selama satu bulan ke depan seluruh umat muslim di seluruh dunia akan segera menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan 1443.H pada bulan April 2022 ini. Di bulan ini umat Islam akan menjalani salah satu dari rukun Islam

Bagi kaum muslim menjalan ibadah puasa, bukanlah hal yang baru lagi. Akan tetapi  persiapan agar tubuh tidak kaget saat manjalani hari pertama puasa Ramadhan sangat diperlukan.

ibadah puasa

Sebagaimana dilansir Al Arabia, ada lima cara yang bisa diterapkan menghadapi ibadah puasa pertama di bulan Ramadhan 1443 H .

Sebelum puasa hari pertama, upayakan mengurangi porsi makan. Tujuannya, agar sistem pencernaan lebih terbiasa saat menjalani puasa seharian penuh nantinya.

Sarapanlah Lebih Pagi

Bagi yang akan melaksanakan ibadah puasa disarankan bangun dinihari guna melaksanakan sahur.

Namun tidak semua orang bisa makan sahur karena berbagai alasan. Salah satunya mungkin belum punya selera makan. Untuk itu mulailah sarapan lebih pagi dari biasanya guna membiasakannya.

Menjaga kesehatan serta stamina tubuh melalui asupan makanan yang sehat dan bergizi menjadi salah satu persiapan penting untuk menghadapi puasa pertama.

Bagi yang berpuasa perlu berusaha untuk memenuhi asupan nutrisi harian tubuh yang berasal dari sayur, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, daging merah, dan susu.

Aturlah Jam Tidur

Jika biasanya tidur larut malam dan bangun kesiangan, maka mulailah mengatur jam tidur lebih awal dari sekarang, mengingat selama berpuasa di bulan Ramadhan diharuskan sahur saat dinihari dan tidak boleh terlambat.

Banyaklah Minum Air Putih

Ketika Sahur dan saat berbuka puasa, jangan lupa untuk memperbanyak asupan air putih. Tujuannya untuk menurunkan risiko dehidrasi selama kamu berpuasa.

 

Meskipun cairan seperti jus, susu, makanan berkuah juga dapat membantu memenuhi asupan cairan dalam tubuh, namun air putih ini tetap menjadi pilihan terbaik.

 

Facebook Comments

Artikulli paraprakPria di Solok Bersimbah Darah Diserang Beruang di Sawah
Artikulli tjetërIKBK Batam Dukung Pilwana Nagari Sarilamak