Beranda Kesehatan Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Memutihkan Wajah

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Memutihkan Wajah

Minyak Zaitun
Manfaat minyak zaitun untuk wajah tak perlu diragukan lagi. Bahan alami yang sudah digunakan sejak lama untuk perawatan kulit ini dipercaya dapat memutihkan wajah. Tertarik mencobanya? Yuk, simak cara memutihkan wajah dengan minyak zaitun di artikel berikut.

Agar kulit bisa senantiasa terlihat lebih putih, bersih, dan menawan, Anda perlu melakukan perawatan kulit yang baik, mulai dari pembersihan (cleansing), pengelupasan kulit (exfoliating), dan melembapkan kulit (moisturizing).

Demi mewujudkan kulit yang lebih putih dan lebih cerah, tak sedikit orang yang rela merogoh kocek untuk membeli produk perawatan kulit atau prosedur kecantikan yang mahal. Namun, sebenarnya Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami untuk mencerahkan kulit. Salah satunya adalah dengan menggunakan minyak zaitun.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesahatan dan Kecantikan Kulit

Minyak zaitun kaya akan vitamin, mineral, lemak sehat, dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Berkat kandungannya tersebut, minyak zaitun juga baik digunakan untuk memutihkan atau mencerahkan kulit wajah.

Beberapa riset menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat membersihkan kulit wajah dari debu dan sel kulit mati, membantu memudarkan bercak atau bintik-bintik hitam di wajah, melembapkan kulit, mengatasi kulit kering, serta mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar UV.

Minyak zaitun juga dinilai berpotensi untuk mencegah penuaan dini dan membantu mengatasi keriput.

Cara Memutihkan Wajah dengan Minyak Zaitun

Manfaat minyak ini untuk memutihkan dan mencerahkan wajah bisa Anda peroleh dengan beberapa cara sederhana berikut ini:

Membuat masker wajah dari campuran minyak zaitun dan jus lemon

Cara memutihkan wajah dengan minyak ini bisa Anda coba dengan menggunakannya sebagai masker wajah. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mencampurkan minyak ini dengan jus lemon. Langkah-langkahnya adalah:

  • Campurkan 1 sendok teh minyak extra virgin dengan 1–2 sendok teh jus lemon.
  • Oleskan campuran masker pada wajah dengan lembut.
  • Diamkan masker di wajah selama sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Sebelum mengoleskan masker ke wajah, Anda sebaiknya mencuci muka dengan air dan pembersih wajah terlebih dahulu, agar masker bisa menyerap lebih baik ke kulit.

Cara memutihkan wajah dengan masker minyak zaitun dan jus lemon ini dinilai cukup efektif. Gabungan nutrisi dan vitamin di dalam keduanya tak hanya membantu mencerahkan kulit wajah, tetapi juga sekaligus membersihkan, mengencangkan, dan melembutkan kulit.

Menggunakannya sebagai pelembap wajah

Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun tanpa tambahan bahan apa pun sebagai pelembap, wajah agar kulit tampak lebih sehat dan cerah. Berkat kandungan vitamin, lemak, dan antioksidan di dalamnya, minyak ini dapat memberikan kelembaban ekstra dan mengatasi berbagai masalah kulit, khususnya kulit kering.

Untuk menggunakan minyak ini sebagai pelembap, Anda bisa mengoleskan minyak langsung ke kulit wajah dengan tangan atau bola kapas. Gunakan handuk atau kain lembut untuk menghilangkan sisa-sisa minyak berlebih di wajah.

Menggunakannya sebagai pembersih make up atau cleansing oil

Saat ini sudah banyak tersedia berbagai merek atau produk pembersih make up. Namun, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun murni sebagai pembersih wajah alami (cleansing oil) untuk mengangkat sisa-sisa kotoran, debu, sel-sel kulit mati, dan sisa make up di wajah.

Kulit yang bersih dan cerah kemudian akan membuah wajah Anda tampak lebih putih. Cara memutihkan wajah dengan minyak zaitun tersebut cukup mudah untuk dilakukan, yaitu taruh 1–2 sendok teh di telapak tangan atau kapas, lalu bersihkan riasan wajah dengan lembut.

Setelah itu, gunakan lap basah yang hangat untuk menyeka minyak dengan lembut atau cuci wajah dengan pembersih wajah, jika Anda ingin melakukan metode double cleansing. Lalu, keringkan wajah dengan handuk lembut dan oleskan pelembap wajah.

Itulah berbagai cara memutihkan wajah dengan minyak zaitun. Meski umumnya aman, minyak ini mungkin tidak cocok digunakan oleh orang yang memiliki tipe kulit berminyak.

Jika Anda sudah rutin melakukan cara memutihkan wajah dengan minyak ini tapi kulit Anda masih tampak kusam, kurang cerah, atau berjerawat, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit. Dokter dapat memberikan perawatan kulit yang sesuai dengan masalah dan jenis kulit Anda.

Facebook Comments

Artikulli paraprakAtlet Kota Solok ke PON XX Papua Dilepas Wali Kota dan Wakil Walikota
Artikulli tjetërAhmad Dhani Sebut Maia Estianty Hanya Tukang Ghibah