BerandaDaerahZul Elfian Umar: Target Membangun Infrastruktur Kota Solok Harus Segera Terwujud

Zul Elfian Umar: Target Membangun Infrastruktur Kota Solok Harus Segera Terwujud

Zul Elfian Umar
Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, SH, M.Si tetap pada niat awalnya, untuk segera menyelesaikan pembangunan infrastruktur Kota Solok yang kini masih terbengkalai. Ia menuturkan selama kurun waktu 3,5 tahun ke depan harapan warga Kota Solok untuk mendapatkan fasilitas sebagai sebuah kota yang layak bisa terwujud.

Percepatan pembangunan Kota Solok, menurut Zul Elfian Umar, hanya bisa dicapai melalui pendanaan APBN, karena saat ini Pemerintah Kota Solok tidak cukup anggaran untuk mewujudkan harapan warganya terkait dengan pembangunan infrastruktur.

Zul Elfian Umar mengungkapkan, saat ini Pemerintah Kota Solok tengah mengusulkan pembiayaan untuk percepatan pembangunan Jalan Lingkar Utara (JLU) yang telah dimulai sejak tahun 2005 yang lalu. Pembangunan Jalan Lingkar Utara yang belum selesai direncanakan saat ini dengan panjang 8,2 km.

“Jalan Lingkar Utara ini bertujuan untuk mengalihkan jalur dan mempercepat mobilitas tonase kendaraan berat yang saat ini melalui Kota Solok. Diharapkan dari pembangunan Jalan Lingkar Utara ini dapat memicu munculnya kawasan pertumbuhan pembangunan di bagian utara Kota Solok, agar tidak terpusat di bagian selatan saja,” ungkap Wali Kota Solok ini.

Juga dijelaskan, selain itu keberadaan Jalan Lingkar Utara kedepannya memiliki peran penting bagi arah pembangunan Kota Solok kedepannya karena dapat mengakomodir kebutuhan Kota Solok terlebih sudah ada perkantoran pemerintah, GOR, TPA Regional, rusunawa, dan akses ke beberapa destinasi wisata yang ada di Kota Solok.

Untuk mencapai target tersebut, Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar, SH, M.Si didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jefrizal, S.Pt, MT, Kepala Balitbang Marwis, SE, MM mengikuti Rapat Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Provinsi Sumatera Barat secara virtual, bertempat di BPP Kemendagri. Senin (15/3/2021)

Sebelumnya Pemerintah Kota Solok melalui Balitbang telah menghimpun usulan pembangunan infrastruktur yang didanai oleh APBN yang difasilitasi oleh Balitbang Provinsi Sumatera Barat.

“Mudah-mudahan, harapan warga Kota Solok ke depannya bisa mendapatkan fasilitas kota yang layak, setelah semua rencana pembangunan infrastruktur ini sudah tercapai,” pungkas Zul Elfian Umar.

Facebook Comments