BerandaKesehatanManfaat Minyak Jarak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Minyak Jarak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Minyak Jarak
Minyak jarak merupakan minyak nabati yang sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Manfaat minyak jarak bisa dibilang cukup beragam, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Untuk mengetahui apa saja manfaat minyak jarak, simak artikel ini.

Minyak jarak adalah minyak yang diekstrasi dari biji tumbuhan jarak (Rinicus communis). Berkat manfaatnya yang berlimpah, hingga kini minyak jarak terus digunakan sebagai bahan campuran untuk makanan, obat-obatan herbal, dan produk perawatan kulit.

Beragam Manfaat Minyak Jarak

Manfaat minyak jarak umumnya didapatkan dari kandungan asam lemak risinoleatnya yang tinggi. Berikut adalah ragam manfaat minyak bagi kesehatan dan kecantikan:

1. Mengobati sembelit

Ini adalah salah satu manfaat minyak nabati yang paling terkenal. Minyak ini dipercaya dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan sembelit. Manfaat ini berasal dari kandungan asam risinoleat pada minyak yang mampu meningkatkan pergerakan otot usus, sehingga buang air besar jadi lebih mudah.

2. Mempercepat penyembuhan kulit

Minyak nabati ini juga mampu mempercepat proses penyembuhan luka atau peradangan dan iritasi pada kulit, karena minyak ini memiliki sifat antiinflamasi dan melembapkan yang sangat baik.

Sifat antiinflamasi minyak jarak mampu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada luka atau peradangan. Bersamaan dengan itu, sifat melembapkan minyak ini mampu mencegah kekeringan dan penumpukan sel kulit mati luka yang dapat memperlambat proses penyembuhan.

Selain itu, minyak jarak juga dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru lebih cepat, sehingga risiko infeksi juga akan menurun. Penelitian juga menyebutkan bahwa luka yang diobati dengan minyak jarak dapat sembuh dengan lebih baik.

3. Melembabkan kulit

Minyak jarak juga bisa Anda gunakan sebagai pelembab kulit alami. Kandungan asam risinoleat dalam minyak jarak bermanfaat untuk menghidrasi dan mempertahankan kadar air dalam kulit.

Minyak nabati ini aman digunakan pada seluruh kulit, termasuk kulit wajah. Namun, karena tekstur minyak ini cukup kental, minyak ini mungkin akan terasa sedikit lengket di kulit.

Jika Anda kurang suka teksturnya yang lengket, Anda bisa mencampur minyak ini dengan minyak lain yang juga bermanfaat untuk menghidrasi kulit, seperti minyak almond, minyak zaitun, atau minyak kelapa.

4. Mengobati jerawat

Berkat sifat antiinflamasinya, minyak ini juga diduga bermanfaat untuk mengobati jerawat. Sifat antiinflamasi minyak ini bisa meredakan peradangan pada kulit yang berjerawat dan menenangkan kulit yang iritasi.

Minyak ini juga memiliki sifat antimikroba sehingga mampu membantu melawan dan menghambat pertumbuhan bakteri berlebih yang dapat menyebabkan jerawat, seperti bakteri Staphylococcus aureus.

5. Menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala

Menggunakan minyak nabati ini sebagai masker rambut alami secara teratur bisa membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala Anda. Sifat antiinflamasi minyak ini mampu mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan ketombe.

Selain itu, minyak nabati ini juga mampu meningkatkan kelembapan kulit kepala dan kesehatan akar rambut. Dengan begitu, pertumbuhan rambut akan meningkat dan terlindung dari kerontokan. Bahkan, Anda bisa memakai minyak ini untuk menebalkan alis dan bulu mata.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Minyak Jarak

Meski memiliki banyak manfaat, minyak ini bisa menimbulkan beberapa efek samping, seperti diare, kram, mual, muntah, sakit perut, dan alergi. Untuk menghindari ini, minyak nabati ini harus digunakan dalam dosis yang tepat. Jadi, selalu ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produknya.

Jika Anda ingin menggunakan minyak ini pada kulit, cobalah untuk mengoleskannya sedikit demi sedikit terlebih dahulu, lalu lihat reaksinya. Jika timbul gejala alergi, seperti kemerahan atau gatal, segera hentikan pemakaiannya.

Selain itu, wanita hamil juga tidak disarankan untuk menggunakan minyak ini, karena minyak ini dipercaya bisa memicu kontraksi atau persalinan.

Jika masih ragu terkait penggunaan minyak ini dan manfaatnya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, dokter bisa memberi saran mengenai penggunaan minyak nabati ini yang aman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Facebook Comments