Beranda Kesehatan Manfaat Olahraga TRX Bagi Tubuh Anda

Manfaat Olahraga TRX Bagi Tubuh Anda

Olahraga TRX
Olahraga TRX sedang populer dan digemari di kalangan anak muda. Tidak hanya praktis dan lebih terjangkau, jenis olahraga ini bisa menjadi pilihan bagi orang yang ingin melatih dan membentuk otot tubuh.

Olahraga TRX adalah untuk melatih kekuatan seluruh tubuh dengan memanfaatkan berat badan tanpa harus menggunakan barbel atau alat fitness. Olahraga ini bertumpu pada berat tubuh sambil melakukan gerakan yang melawan gravitasi. Latihan dilakukan dengan bantuan tali atau karet elastis khusus yang biasa disebut dengan suspender/suspension straps.

Manfaat Olahraga TRX bagi Kesehatan Tubuh

TRX tergolong jenis olahraga intensitas sedang. Namun, TRX juga bisa menjadi olahraga dengan intensitas tinggi, tergantung jenis gerakan yang dilakukan. Olahraga ini baik untuk melatih kekuatan otot dan sendi sekaligus membakar kalori.

Jika dilakukan secara rutin, TRX dapat memberikan berbagai manfaat berikut ini:

1. Mengencangkan otot

Bagi Anda yang menginginkan perut lebih rata dan kencang, olahraga TRX bisa menjadi pilihan. Jenis olahraga ini juga dianggap sebagai alternatif dari latihan angkat beban biasa.

TRX baik dan efektif untuk membentuk massa otot, meski hanya menggunakan peralatan sederhana. Inilah alasan mengapa banyak orang, terutama kaum muda, tertarik untuk melakukannya.

2. Memperbaiki postur tubuh

Jika Anda memiliki postur tubuh kurang baik, misalnya sering membungkuk, latihan TRX bisa menjadi pilihan olahraga yang baik untuk memperbaiki postur tubuh.

Latihan dan gerakan dalam olahraga TRX baik untuk membentuk dan mengencangkan otot tubuh, termasuk otot inti (core muscle) pada perut, dada, bahu, dan punggung. Latihan di bagian-bagian tersebut dapat memperbaiki postur tubuh.

3. Meningkatkan fleksibilitas

Sebagian gerakan dalam olahraga TRX membuat Anda harus mempertahankan keseimbangan tubuh. Sepanjang latihan, Anda juga akan dituntut untuk melakukan peregangan dengan interval berbeda. Hasilnya, tubuh pun akan lebih fleksibel.

Tak hanya membuat tubuh lebih lentur dan kuat, olahraga TRX juga dapat menjaga dan memperbaiki kemampuan koordinasi serta gerakan refleks tubuh.

4. Meredakan nyeri punggung

Beberapa studi mengungkap bahwa olahraga TRX baik untuk meredakan nyeri punggung. Hal ini karena gerakan dalam olahraga TRX dapat menguatkan otot di sekitar punggung, sehingga mampu meredakan nyeri punggung bagian bawah.

Namun, jika Anda memiliki keluhan nyeri punggung dan ingin mencoba olahraga TRX, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu agar dokter dapat menentukan intensitas dan gerakan yang aman.

5. Meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah

Olahraga TRX dapat melancarkan aliran darah, menjaga irama jantung tetap stabil, dan menurunkan tekanan darah. Manfaat ini membuat TRX sebagai salah satu olahraga yang baik untuk memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah.

6. Meredakan stres dan membuat tidur lebih nyenyak

Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin. Hormon endorfin dapat memperbaiki suasana hati dan meredakan stres serta rasa cemas. Hormon ini juga dapat meredakan nyeri dan meningkatkan kualitas tidur.

Selain berbagai manfaat di atas, beberapa riset juga menyebutkan bahwa olahraga TRX baik untuk mengurangi nyeri sendi dan otot akibat radang sendi (osteoarthritis). Namun, jika Anda menderita radang sendi dan ingin mencoba olahraga ini, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

Umumnya, olahraga TRX dilakukan di pusat olahraga dan kebugaran. Selain baik untuk kesehatan, berolahraga bersama orang lain dapat menjadi ajang sosialisasi dan mengatasi rasa kesepian.

Sayangnya, di masa pandemi COVID-19 ini, kelas olahraga yang melibatkan orang ramai sebaiknya dibatasi guna mencegah penularan virus Corona. Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba latihan TRX di rumah melalui kelas olahraga secara online.

Pada dasarnya TRX merupakan jenis olahraga yang cocok bagi pemula. Namun, jika Anda baru pertama kali melakukannya, sebaiknya lakukan TRX di bawah bimbingan instruktur olahraga yang memiliki kompetensi untuk jenis olahraga ini.

Instruktur akan mengajarkan gerakan-gerakan dasar dalam TRX dan membimbing Anda melakukan gerakan tersebut dengan cara yang benar agar tidak terjadi cedera.

Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum mencoba olahraga TRX. Hal ini penting dilakukan agar Anda bisa mendapatkan manfaat TRX secara maksimal dan terhindar dari cedera atau gangguan kesehatan saat berlatih.

Source: alodokter

Exit mobile version