BerandaDaerah1.183 ASN di Pemprov Sumbar Masuki Masa Pensiun

1.183 ASN di Pemprov Sumbar Masuki Masa Pensiun

ASN
Jumlah Aparatur Sipil Negera (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar terus berkurang. Pasalnya, pada tahun 2020 silam terjadi pengurangan karena ribuan abdi negara sudah pensiun. Jumlahnya mencapai 1.183 orang.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Fitriyati mengatakan, setiap tahun ada ribuan ASN yang pensiun. “Jumlah pesiun 1.183 orang. Ini yang pensiun pada tahun 2020,” kata Fitriyati.

Dari hasil pengangkatan CPNS tahun 2019, Pemprov Sumbar mendapatkan tambahan 575 orang pegawai. Namun jumlah tersebut belum bisa mencukupi jumlah ASN di provinsi tersebut. Sebab sepanjang tahun 2020 ini sudah ada 1.183 orang ASN yang tercatat sudah memasuki masa pensiun.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyerahkan SK CPNS di Lingkungan Pemprov Sumbar Formasi Tahun 2019, di Auditorium Gubernuran, Rabu (20/1/2021).

“Hari ini menyerahkan SK CPNS yang lulus pada tahun 2019 sejumlah 575 orang. Terdiri dari Tenaga Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas PU, Peternakan, yang banyak dari pendidikan dan kesehatan,” kata Irwan.

Irwan menyebutkan, saat ini Sumbar masih ada sebanyak 78 formasi CPNS yang tidak terisi. Untuk dokter speasilis tidak semuanya terisi sehingga masih ada yang kosong, dan ada juga yang tidak lulus passing grade.

“Mudah-mudahan yang ada ini bisa meng-back up kekosongan SDM ASN di provinsi yang mana hampir tiap tahunan jumlah pensiunannya ratusan,dan mudah-mudahan mereka menjadi andalan kita ke depan,” harap Irwan.

Terkait upaya menutupi kekosongan PNS, Irwan menyebutkan caranya adalah dengan mendapatkan kuota dari pusat. Terlebih dahulu yang harus dilakukan adalah penyampaian syarat ke pusat, bahwa ada beberapa kekosongan PNS di lingkungan Pemprov Sumbar.

“Terus ada visi, misi, perencanaan yang disampaikan ke BKN dan Menpan. Nanti mereka yang putuskan kita berapa dapatnya (kuota),” ujar Irwan.

Facebook Comments