Irwan Basir Dt Rajo Alam Support Keberadaan Aciakmart di Sungai Sapih

996

KABASUMBAR. NET – Selaku tokoh masyarakat Kuranji, Irwan Basir Dt. Rajo Alam sangat mensupport keberadaan mini market Aciakmart yang diresmikan pemakaiannya oleh Plt Walikota Padang, Hendri Septa di kawasan By Pass Sungai Sapih Kecamatan Kuranji Kota Padang, Minggu (4/10/2020) malam.

“Kami minta, Aciakmart ini harus berkembang ke daerah pinggiran-pinggiran, yang sekarang daerah pemukiman. Koto Tangah, Kecamatan Kuranji, daerah Pauh yang dulunya menjadi basis perjuangan Harimau Kuranji. Jadi, seyogyanya pak walikota, Aciak ini kito support. Kalau ndak bisa jo talapak tangan jo niru kito tampuang. Sehingga memberikan lapangan pekerjaan baru bagi para generasi muda,” ujar Irwan Basir yang disambut applus hadirin.

Menurutnya, tanpa adanya membuka usaha, tanpa adanya sosial kemasyarakatan yang dilakukan Aciakmart, Irwan Basir mengaku tidak mungkin dirinya diundang dan berdiri di tengah-tengah hadirin saat itu. Bisa saja selama ini, orang hanya tahu bahwa Amril Amin (owner Aciakmart) adalah seorang wakil rakyat di DPRD Kota Padang.

“Tapi sekarang, kita ketemu dalam ukhuwah islamiyah. Bagaimana memupuk rasa kesetiakawanan, rasa solidoritas. Bumi dipijak, langik dijunjuang. Sumua digali, aie disauak. Kearifan lokal beliau, mengundang tokoh-tokoh masyarakat di sini, menandakan kekarabatan itu indak lakang dek paneh, indak lapuak dek hujan. Masih menjadi bahagian kehidupan norma-norma, kaidah-kaidah sebagai bahagian daripada kearifan lokal untuk pengembangan-pengembangan baik secara pribadi maupun secara pengembangan usaha beliau,” tutur Irwan Basir menjelaskan.

Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) KAN Pauh IX Kuranji itu juga memastikan bahwa masyarakat Kuranji tidak akan pernah merasa iri dan cemburu karena yang membuka usaha tersebut adalah dunsanak (saudara) juga yang sangat mengerti dengan kearifan lokal. Bisa “baiyo batido, sadanciang bak basi, saciok bak ayam”.

“Kami-kami semua, sahabat-sahabat semua, tokoh-tokoh masyarakat tidak akan pernah merasa iri, tidak akan pernah merasa cemburu. Karano yang bausaho iko dunsanak awak, sahabat awak, wakil rakyat awak. Apolai hubungannyo jo walikota sangat erat sekali dan ini harus kita syukuri,” tegas Irwan Basir.

“Terimakasih, semoga Allah SWT memberkahi kita semua. Amiin Yarabal’alamin,” tukasnya mengakhiri. (noa/yendra)