Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi Amankan 2 Pelaku Bongkar Makam, Ingin Sakti dan Bisa Menghilang

1027

KABASUMBAR – Dua remaja di Dusun Munte, Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, nekat membongkar sebuah makam. Remaja berinisial RS (17) dan RE (18) yang membongkar makam ingin mendapatkan ilmu gaib agar bisa menghilang.

“Ya, mencari ilmu agar bisa menghilang,” kata Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi saat dikonfirmasi, Senin, 21 September.

Peristiwa itu berawal saat warga menemukan makan dengan kondisi rusak akibat dibongkar pada Minggu, 20 September. Warga yang mengetahui hal itu lalu memberitahu keluarga jenazah.

“Pelapor diberitahu oleh saksi bahwasanya makam suami pelapor telah dirusak atau dibongkar oleh orang , kemudian setelah itu pelapor langsung melihat ke makam dan ternyata benar makam tersebut telah dirusak,” terang Tirto.

Di waktu yang hampir bersamaan, warga lainnya juga melihat kedua tersangka sedang membersihkan cangkul. Saat ditanya, keduanya langsung mengakui telah membongkar makam.

“Kemudian kedua tersangka tersebut mengakui perbuatannya bahwasanya merekalah yang telah melakukan pengerusakan makam,” ujar Tirto.

Kedua tersangka akhirnya digiring oleh kepala dusun setempat ke Polsek Sikakap pada Senin, 21 September dini hari. Mereka dijerat Pasal 406 KUHP dan atau 179 KUHP dengan ancaman maksimal delapan tahun penjara.

“Pelaku melakukan hal tersebut guna mengambil sesuatu dari dalam makam dan juga diduga untuk keperluan ilmu gaib atau ilmu hitam,” pungkasnya. (tf/yendra)

Sumber: Polsek Sikakap Mentawai