Jusuf Kalla Ungkap Harapan Sumbar Lebih Maju di Depan Paslon FAGE

921

KABASUMBAR.NET – Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang secara berseloroh menyebut dirinya sekarang menjabat Ketua Persatuan Sumando Seluruh Indonesia (PSSI) mengungkapkan harapan Sumbar bisa lebih maju di depan Paslon Fakhrizal – Genius Umar (FAGE).

“Setidaknya tiga kemajuan yang harus dicapai yakni bidang pendidikan, pembinaan pesantren dan inovasi rumah makan minang,” papar mantan Ketua Umum Golkar Jusuf Kalla saat menerima kunjungan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Drs H Fakhrizal MH dan Dr Genius Umar MSi di kediaman pribadinya Jalan Brawijaya No. 8 Jakarta Selatan, Sabtu (12/9) malam.

Menurut Jusuf Kalla, sejarah masa lalu tentang lahirnya tokoh tokoh besar nasional dari ranah Minang harus dilanjutkan kembali dengan menata dan meningkatkan kualitas pendidikan.

“Selain itu pendidikan di Pondok Pesantren juga harus ditingkatkan lagi, sebab 10 dari penceramah agama di Jakarta dulu berasal dari ranah Minang,” ujar suami Mufida yang berasal dari Batusangkar, Sumatra Barat.

Kalla juga meminta para pengusaha rumah makan di Jakarta agar melakukan inovasi, terutama pada saat pandemi Covid -19 ini. Namun JK tidak menjelaskan apa yang dimaksud dengan inovasi tersebut.

Menurut Jusuf Kalla, basis ketokohan masa lalu Sumatra Barat adalah di bidang pendidikan. Justru karena itu, dia berharap pemerintah daerah Sumatra Barat lebih memerhatikan bidang pendidikan.

Tetapi, lanjut Kalla, dimensi pembangunan yang dia maksudkan hanya bisa dicapai oleh pemimpin yang memiliki visi dan wawasan kebangsaan dan memahami perioritas pembangunan bidang pendidikan.

“Namun saya memberi harapan kepada saudara Fakhrizal dan ananda Genius Umar untuk dapat mewujudkan harapan dan cita cita tadi,” papar JK yang saat menerima rombongan masih memakai kain sarung, baju koko dan peci putih.

Jusuf Kalla yang banyak memunculkan joke joke segar dalam pertemuan tersebut, secara berseloroh menyebutkan bahwa para paslon Pilgub Sumbar memang harus bertemu dirinya, sebab setelah tidak lagi menjadi wapres, Kalla mengatakan dirinya menjabat Ketua PSSI atau Persatuan Sumando Seluruh Indonesia.

Candaan JK ini sontak membuat suasana gelak di ruangan tamu yang juga berisikan tokoh pengusaha Minang Fahmi Idris, Ketua Tim Pemenangan FAGE Drs H Darul Siska dan pengusaha muda sukses asal Bukittinggi, Firdaus HB.

Visi Pendidikan FAGE

Seperti sejalan dengan pikiran besar Jusuf Kalla tentang masa depan Sumbar dengan skala perioritas dibidang pendidikan, Fakhrizal dan Genius dihadapan Jusuf Kalla juga memaparkan visi misinya tentang pendidikan dihadapan Jusuf Kalla.

Seperti disampaikan Cawagub Dr Genius Umar Msi kepada wartawan, dirinya dan Cagub Fakhrizal kepada Jusuf Kalla memaparkan konsep Satu Keluarga Satu Sarjana (Saka Saja) yang akan dibiayai oleh APBD Sumbar.

Menurut penjelasan Genius, melalui program SAKA SAJA ini, Pemprov Sumbar akan menargetkan minimal satu rumah di Sumbar akan mempunyai satu anak sarjana.

“Dengan program ini kami harapkan mampu mengentaskan kemiskinan,” papar Genius yang ditanggapi serius oleh Jusuf Kalla dan Fahmi Idris.

Genius juga memaparkan secara ditail konsep implementasi dan basis kebijakan program SAKA SAJA di depan Jusuf Kalla.

Secara pribadi Genius juga memaparkan bahwa dirinya dan Fakheizal adalah sama sama mendapatkan pendidikan dari biaya negara yakni Irjen Pol Drs H Fakhrizal MH adalah lulusan Akpol, sementara Genius sendiri adalah alumni STPDN.

“Jadi ini kesempatan bagi kami kembali mendedikasikan kembali ilmu pengetahuan yang didapat untuk menata pemerintahan yang lebih baik,” ujar Genius.

Ditambahkannya, Pak Jusuf Kalla memberikan perhatian serius terhadap pola yang akan mereka jalankan saat memerintah nanti, termasuk didalamnya sinkronisasi dengan pemerintah pusat.

“Itulah pernyataan kami berdua kepada pak JK dan beliau sangat menghargai kita dan ikut mendoakan supaya Sumatera Barat lebih maju kedepannya,” tutup Genius melalui jaringan pribadinya.

(Awe)