Kampung Tangguh Delima Kuranji Jadi Percontohan Tingkat Nasional

1886

KabaSumbar.net – Kampung tangguh Komplek Delima Blok A Perumnas Balimbiang Kuranji ternyata tidak hanya juara Kota Padang, tapi juga menjadi percontohan tingkat nasional.

Pasalnya, keberhasilan Komplek Delima menjadi juara kampung tangguh atau “Kampung Tageh Rumah Gadang 2020” diam-diam menjadi pembicaraan sejumlah daerah tingkat nasional.

“Ya, berita Komplek Delima menjadi juara kampung tangguh tingkat Kota Padang 2020, ternyata cukup viral di media sosial. Buktinya, beberapa rekan saya sesama camat di Kota Surabaya berencana akan berkunjung ke sini dalam waktu dekat,” ungkap Camat Kuranji, Eka Putra Buhari ketika memberikan sambutan pada acara syukuran kampung tangguh di Komplek Delima Balimbiang Kuranji, Minggu (23/8/2020) malam.

Menurutnya, kekompakan warga dan suasana alami ditambah kelap-kelip lampu di malam hari yang ada di Komplek Delima Blok A Perumnas Balimbiang menjadi nilai lebih dan daya tarik tersendiri bagi daerah lain untuk datang melihatnya lebih dekat.

“Kita menjadi juara kampung tangguh Kota Padang 2020 ini bukan dibuat-buat tapi berjalan secara alami. Nah, potensi inilah yang kita kembangkan sehingga orang luar jadi penasaran,” tutur camat yang mengaku ikut bangga.

Oleh sebab itu, selaku camat Eka berinisiatif akan menggelar kegiatan serupa antar kelurahan se-Kecamatan Kuranji ke depannya. Hadiah atau tropinya diupayakan dari sumbangan Forkopimka dan tokoh masyarakat Kuranji nantinya.

“Bagaimana pak Datuk Irwan Basir, pak Datuk M Fikar dan pak Kapolsek? Setuju kan kalau kita adakan lomba kampung tangguh antar kelurahan se-Kuranji?,” kata camat yang disambut setuju hadirin.

Diakuinya, lomba kampung tangguh yang digagas Kapolri ini sangat besar manfaatnya dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatannya di tengah wabah covid-19 yang melanda hampir seluruh belahan dunia saat ini.

“Jadi melalui program kampung tangguh ini, kita harus kembali bangkit dan siap menghadapi berbagai tantangan yang ada,” paparnya sembari memberikan motivasi.

Ketua BMPN Pauh IX Kecamatan Kuranji Kota Padang, M Fikar ketika dimintai tanggapannya terkait rencana kunjungan sejumlah camat Kota Surabaya tersebut mengaku siap memberikan pelayanan terbaik nantinya.

“Siapa pun tamu yang akan datang ke sini. Insya Allah, kita siap menyambutnya. Tentunya harus mengikuti protokol covid sesuai himbauan pemerintah,” jawab Fikar bersemangat. (noa/yendra)