Antisipasi Penyebaran Virus Corona Pemprov Sumbar akan Berlakukan Karantina Lokal Mulai Senen

77
BERBAGI

KabaSumbar.net- Guna mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan melakukan karantina lokal

Hal tersebut ditegaskan Wakil Gubernur Nasrul Abit, terkait masuknya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia ke Sumbar melalui jalur darat, beberapa waktu lalu.

“Besok kita setop semua termasuk TKI yang akan pulang ke Sumatera Barat. Pembatasan lokal ini sudah kita putuskan dan berlaku pada Senin nanti,” ucap Nasrul Abit, saat ditemui awak media di Aula Kantor Gubernur, Sabtu (28/3)

Loading...

Dijelaskan Nasrul Abit, untuk karantina lokal ini bukanlah berbentuk lockdown yang membatasi semua akses ke Provinsi Sumatera Barat.

“Kita hanya membatasi lalulintas orang masuk ke Sumatera Barat, namun bagi kendaraan yang membawa barang kita perbolehkan masuk. Kita sudah rapat dengan Kapolda, dan karantina lokal ini sudah ada rancangan dari Kemenkumham, dan nantinya karantina lokal ini hanya memberi akses bagi masuknya barang,” terang Wagub.

Narul Abit juga menambahkan bahwa untuk TKI yang akan masuk ke Sumatera Barat, pihaknya sudah meminta Pemkab 50 Kota untuk melakukan penjagaan ketat.

“Ini juga tanggung jawab bupati dan wali kota. Sementara itu untuk satu bulan kedepan, Insyaallah pangan kita cukup. Kita punya stok beras di Bulog 11 ribu ton. Kita punya pertanian juga produksi 2,8 juta. Kita tidak harus takut, ini bukan lockdown,” tutupnya.

Sebelumnya pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengumumkan perkembangan covid-19 berdasarkan hasil dari penelitian Laboratorium FK Unand yang sudah mendapatkan izin dari Litbang Kemenkes RI spesimen pasien suspect corona. Total DPD di Sumbar saat ini sebanyak 23 orang. Total ODP sebanyak 1.024 orang, hasil negatif 31 orang, hasil positif 6 orang dan sedang menunggu hasil sebanyak 13 orang.(yen/rilis)

Loading...
loading...