Polling Cagub Terus Teratas, Fakhrizal Membumi di Pemilih Sumbar

34
BERBAGI

KabaSumbar.net— Beberan analisa ‘Tengah Sosmed’, sebuah lembaga analisis di Jakarta, upss ternyata Irjen Pol Fakhrizal punya pemilih kuat dan jadi penyebab eks Kapolda Sumbar berada dipemuncak berbagai polling Pilkada Gubernur Sumbar 2020.

Malah menurut tracking langsung ke pemilih dilakukan Garda F, dari 10 pemilih 8 di antaranya tahu Fakhrizal maju sebagai Cagub Sumbar 2020 berpasangan dengan Cawagubnya Genius Umar yang Walikota Pariaman saat ini.

“Dihebohkan politisi, menjadi sorotan di rapat Komisi III DPR RI lalu berujung mutasi ternyata tidak mengamputasi pemilih Sumbar, bahkan Fakhrizal Lovers semakin menjadi-jadi,”ujar Kordinator Daerah Garis Depan (Garda-F) Sumbar Ade Suharmasnyah pada bincang dengan media online Minggu 23/12 di Padang.

Loading...

Bahkan pasca seminggu Sertijab Kapolda Sumbar, lalu pisah sambut dan Kamis kemarin menyemut masyarakat melepas jenderal bintang dua putera Kamang Agam di VVIP Roon Bandara BIM, Ade melakukan tracking pemilih.

“Para.pemilih tak hiraukan Fakhrizal pindah ke Mabes Polri, tapi pemilih Sumbar percaya Irjen Pol Fakhrizal maju Pilkada lewat jalur Calon Perseorangan atau Independen, rangkaian mutasi dan melepas ke Jakarta, wow efect Fakhrizal terasa sekali,”ujar Ade.

Dari beberan data Tengah Sosmed soal tokoh Sumbar maju Cagub yaitu

1. Irjen. Pol. Drs. H. Fakhrizal, Mhum – Kapolda Sumatera Barat.
2. H. Mahyeldi Ansharullah, SP – Walikota Padang, Sumbar.
3. Dr. Ir. Indra Catri, MSP – Bupati Agam, Sumbar.
4. Drs. Nasrul Abit – Wakil Gubernur, Sumbar.
5. Ir. M. Shadiq Pasadigoe, SH.MM – Mantan Bupati Tanah Datar, Sumbar.
6. Ir . Mulyadi – DPR RI.
7. Edriana, SH.MA – Pemerhati Pembangunan Perempuan Indonesia.
8. Drs. Ali Mukhni – Bupati Padang Pariaman, Sumbar.
9. Dr. Reydonnyzar Moenek, SH.MM – Mantan Plt Gubernur Sumbar.
10. H. Riza Falepi, S.T.M.T – Walikota Payakumbuh, Sumbar.

Setelah dilakukan tracking polling media online lokal dan Tengah Sosmed membuat polling tersendiri juga ada tiga nama yang terus terbaca di polling yaitu Irjen Pol Fajhrizal, Mahyeldi Ansyarullah dan perempuan satu-satunya di pusaran Pilkada Sumbar 2020 Edriana SH MH.

Empat penyelenggara Polling, yakni tiga polling online lokal di Sumbar dan satu polling dari Tengah Sosmed Jakarta, hasil sementaranya dan sudah bisa di analisis sebagai gambaran awal.

1. Polling Jurnal Sumbar (16-18 November 2019); Polling yang digelar Media Jurnal Sumbar tanggal 18/11/2019 telah merilis hasil pollingnya yang diikuti sekitar 5.234 responden dan hasil sementaranya, Kapolda Fakhrizal diposisi teratas, diikuti Walikota Mahyeldi, Bupati Indra Catri, Shadiq Pasadigoe, Wagub Nasrul Abit, Ir . Mulyadi, Edriana dan Bupati Ali Mukhni.

2. Polling Media Covesia (15 – 17 Desember 2019); Hasil polling Media Covesia Sumbar pada 15 – 17 Des 2019, dari 800 pembaca pembaca turut berpartisipasi memilih, hasil sementara Reydonnyzar 50%, Mahyeldi 11%, Edriana 7%, Nasrul Abit 7% dan Irjel Pol Fakhrizal 6%.

3. Polling Padang TV (15 – 17 Desember 2019); Dari halaman polling Padang TV tertera sekitar 130 ribu pembaca yang telah melihat polling ini, namun yang berpartisipasi dalam polling ini diketahui jumlahnya. Hasil sementara Irjen Pol Fakhrizal 28%, Mahyeldi 27%, Nasrul Abit 13%, Riza Falepi 7%, Edriana 6%.

4. Polling Tengah Sosmed (15 – 17 Desember 2019); Melalui jaringan Surveyheart, Tengah Sosmed Jakarta turut menggelar polling jelang pilkada Sumbar 2020, ada sekitar 500 responden telah berpartisipasi, hasil perolehan sementara H. Mahyeldi. SP (96), Edriana, SH.MA (91), Irjen Pol Fakhrizal (63), Andre Rosiade (62) dan H. Riza Falepi, S.T.,M.T (42).

Dua nama kuat Fakhrizal dan Mahyeldi menurut analisis Tengah Sosmed ini butuh survey spesifik untuk mengkur seberapa kuat dan di mana lemahnya.

Menurut Kordinator KAPAS, Isa Kurniawan ada kelebihan Fakhrizal dia tidak politisi dan tidak berasal dari Parpol. Fakhrizal adalah profesional Polri murni, sehingga Fakhrizal itu belum terimbas luka sejarah politik di Sumbar.

“Maju lewat calon independen dan memilih pasangan Cawagub Genius Umar membuat harapan Sumbar punya pemimpin baru terus bergulir bak bola salju. Wow efect Fakhrizal harus bergerak terus dan jangan sampai berhenti,”ujar Isa.

Pilkada Sumbar 2020 baru semakin mengeliat pada Januari tahun depan, rentang waktu pendaftaran antara Maret sampai Juni kata Isa, saat tepat untuk bersosialisasi dan memantapkan jaringan pemilih di Sumbar.

“Irjen Pol Fakhrizal sosok menjadi harapan pemimpin baru di Sumbar, track selama tiga tahun sebagai Kapolda tanpa cela ini modal, apalagi maju calon independen Gubernur Sumbar untuk kikis habis gesekan perbedaan politik yang sejak Pilpres masih terasa di Sumbar, untuk Sumbar satu dan maju, pas itu ya Fakhrizal,”ujar Isa. (rilis by iko)

Loading...
loading...