Cipasung Jadi Desa Wisata Unggul Yang Di Bidani Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta

17
BERBAGI

KabaSumbar. net– Desa wisata Cipasung terletak di Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, dan berbatasan dengan desa Paninggaran, Kawah Manuk, Sukarasa dan Sindangpanji. Di sebelah barat daya desa ini terletak sawah Cirawang yang menjadi kekayaan desa.

Konon di tengah sawah tersebut ditumbuhi pohon Pasung dan terdapat mata air di bawahnya (dalam bahasa Sunda “cai”) sehingga areal di sekitarnya disebut Desa Cipasung.

Desa ini memiliki alam yang indah, dimana wisatawan bisa menikmati pemandangan berupa areal persawahan dan waduk Darma.

Selain alamnya yang indah, desa ini juga merupakan pengahasil beberapa panganan tradisional Sunda, yang pada saat ini telah dipasarkan secara online dan memiliki pasar yang lumayan di luar Jawa.serta kopi yang sangat langka dan penomenal yakni ” kopi Liberca ”

Bertempat di Aula Desa Wisata Cipasung, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti (STP Trisakti) bersama persatuan pengermar American jeeb Indonesia (PPAI) yang Di wakili oleh Bapak Sunarto atau yang lebih di kenal dengan “om tomblok” , Dari Jakarta American Jeeb ( JAJ ), serta Fouder KabaSumbar.net. Yendra , Jumat kemaren mengadakan kunjungan ke desa wisata Cipasung kecamatan Darma kab kuningan Jawa Barat.

Kepala Desa Cipasung Nanang Nuryadi dalam sambutan nya mengungkap kan bahwa pariwisata dipilih karena melihat potensi desanya, Pariwisata juga dirasa merupakan jalan yang paling cepat dalam meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan masyarakat Cipasung.ujar beliau”

“Ada tanah bengkok sekitar 6 hektare yang ke depan akan kami kembangkan menjadi sebuah destinasi.

Dari sisi kuliner, kami ingin mengangkat lagi kuliner lokal Cipasung seperti Angling Darma, Kremes, Telor Asin, dan sebagainya. Dari sisi SDM, kami bekerjasama dengan STP Trisakti untuk melakukan pembinaan dan pelatihan, ” jelas Beliau.

Di wawancarai secara terpisah RW.W Agie Pradipta,SST.Par, M,Sc. head of Student Affairs Trisakti”mengungkap kan rasa syukur dan bangga nya serta apresiasi yg tinggi kepada masyarakat Desa cipasung , dalam memyambut kedatangan rombongan Siswa Sekolah tinggi Tri sakti, untuk melakukan study di desa wisata ini selama 3 hari ini.

Agie, mengatakan bahwa Desa Cipasung memiliki potensi yang besar untuk menjadi sebuah destinasi wisata yang unggul karena udara dan alamnya yang masih begitu asri, sehingga saat ini yang menjadi tantangan adalah bagaimana mengemas semua potensi yang ada ini untuk menjadikannya sebuah atraksi yang menarik bagi wisatawan.

sementara itu, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STP Trisakti, Rina Suprina,mengungkap kan pada kabaSumbar.net, “Kami memiliki beberapa desa wisata binaan dan dua diantaranya memang diikutkan dalam program pendampingan desa binaan wisata trisakti.

Selain untuk mensukseskan program pemerintah dalam membangun desa wisata, saya pikir program ini bagus karena mendorong dan memfasilitasi unsur-unsur pentahelix yaitu pemerintah, akademisi, dan masyarakat dalam membangun desa wisata dan memberdayakan masyarakatnya,” tuturnya. (*)

*Laporan : Yendra.founder kabaSumbar.net