Sore Ini, Bank Infaq Sumbar Sosialisasi Di palanta Rumah Dinas Walikota Padang

26
BERBAGI

KabaSumbar.net– Bank Infaq Sumatera Barat, Rabu (25/9/2019) sore ini menggelar sosialisasi gerakan menumpas praktek riba keliling atau “rentenir”, bertempat di palanta rumah dinas Walikota Padang, jalan Ahmad Yani No. 11 A Padang.

Mengusung tema “Bangkitkan Ekonomi Umat”, sedianya kegiatan sosialisasi dimulai pukul 16.00 WIB ini dengan menghadirkan dua narasumber, yakni Ketua Bank Infaq Sumbar, Riki Kurniawan dan Sekretarisnya, Doni Oktrianes. 

Kepada awak media, Sekretaris Bank Infaq Sumbar Doni Oktrianes, memaparkan, pihaknya mengamati, praktek riba keliling yang belakangan marak mulai meresahkan dan cenderung merugikan masyarakat di Padang dan Sumbar pada umumnya. Namun demikian, segelintir masyarakat seolah membuka diri untuk eksistensi praktek riba keliling, disebabkan tuntutan ekonomi dan tidak memiliki opsi lain.

DONI OKTRIANES
Sekretaris Bank Infaq Sumbar

Doni mencontohkan salah satu contoh kejamnya praktek riba keliling atau rentenir yang awalnya meminjamkan dana kepada masyarakat selaku nasabah untuk modal berdagang. Namun pada akhirnya, mereka menguras apa saja asset yang ada pada nasabahnya melalui penerapan sistem pengembalian bunga berbunga, terutama ketika si nasabah menunggak membayar pinjaman. Bahkan ada nasabah yang akhirnya terpaksa menjual rumah satu-satunya demi melunasi hutang riba yang bunga tunggakannya terus menggunung.

“Kita mafhum, jelas tidak mudah merubah keadaan yang saat ini terjadi. Namun sesuai motto Bank Infaq Sumbar, Kita Bisa! Tak ada yang tak mungkin sepanjang masyarakat punya keinginan kuat untuk merubah keadaan, serta mau merubah mindset yang selama ini cenderung menjadikan peminjaman dana pada rentenir sebagai sebuah pilihan bahkan kebutuhan,” papar motivator yang dalam kesehariannya melakoni usaha advertising ini.

Ia juga mengakui, perjuangan Bank Infaq untuk umat jelas bukan pekerjaan ringan seperti membalik telapak tangan. Bukan perjuangan yang ringan, bukan pula perjuangan yang cepat.

“Perjuangan Bank Infaq adalah perjuangan panjang umat manusia menuju kepada jalan Allah. Semoga perjuangan ini istiqomah. Semoga Allah meridhoi kita semua. Aamiin,” tutupnya. ( yendra)