Reydonnyzar Moenek Jadi NaraSumber Anggota DPD RI Terpilih

17
BERBAGI

KabaSumbar.net — Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Reydonnyzar Moenek, atau yang akrab dipanggil Donny Moenek, berhasil memukau 136 Anggota DPD RI terpilih hasil Pileg 2019 lalu dari 34 dapil se-Indonesia. Hal itu terlihat saat Donny Moenek menjadi narasumber di acara pembekalan untuk menambah pengetahuan dan wawasan Anggota DPD RI periode 2019-2024 itu Jumat (20/9) di Hotel Ritz Carlton, Kuningan Jakarta.

Pj Gubernur Sumatera Barat 2015 ini mendapat giliran tampil dengan memaparkan pokok bahasan anggaran keuangan, organisasi dan kepegawaian, keprotokolan, pengelolaan barang milik negara, serta laporan keuangan. Dengan gaya khasnya, selama kurang lebih 45 menit Donny menjelaskan dengan gamblang, menarik, dan memukau para peserta orientasi.

“Saya jelaskan, untuk penggunaan fasilitas ruang tunggu VIP Room Bandara Soekarno Hatta, bagi DPD RI, hanya diperuntukkan bagi pimpinannya. Saya sering ditelpon Anggota DPD, mereka meminta fasilitas VIP Room tersebut. Ya enggak boleh, itu cuma buat pimpinan DPD kok sesuai ketentuan.” ujar pria yang berdarah kerajaan Pagaruyung ini.

Lebih lanjut Donny menjelaskan, Anggota DPD RI dalam kedudukannya sebagai pejabat negara akan diberikan fasilitas business class dalam penerbangan dalam dan luar negeri. “Sehingga ketika di bandara, bapak ibu sekalian akan mendapatkan fasilitas business lounge,” ujarnya.

Mantan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri ini juga memaparkan provinsi di Indonesia yang telah memberikan hibah tanah untuk pembangunan Kantor DPD RI di daerah, “Ada 17 provinsi yang sudah memberikan hibah tanah, dan 17 provinsi yang belum. Saya harap, bapak dan ibu senator terpilih akan dapat mendorong akselerasi proses hibah ini, demi kelancaran hubungan kerja dengan pemerintah daerah dan konstituen di daerah,” ungkap Donny sembari menunjukkan daerah-daerah dimaksud pada layar LCD.

Penjelasan Donny yang jernih, terang, dan bersemangat berhasil memukau para senator terpilih. Tampak perhatian mereka selalu tertuju pada pria peraih penghargaan jubir kementerian terbaik ini. Sesekali terdengar gelak tawa saat Donny melemparkan joke-joke ringan di sela-sela pemberian materi.

Saat diwawancara pers, lulusan terbaik APDN Semarang 1983 ini mengatakan bahwa orientasi bagi para senator terpilih bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang hak, kewajiban, dan administratif Anggota DPD RI, sesuai peraturan yang berlaku, tinjauan kelembagaan dari aspek regulasi, hubungan dengan pemda, pelaksanaan tupoksi dan sebagainya. “Dengan demikian kita harapkan kualitas kerja yang dihasilkan dan ditunjukkan senator baru ini akan lebih baik lagi kedepannya.” pungkas Sekjen Donny sembari tersenyum ramah.

Sebagaimana diketahui, Anggota DPD RI terpilih akan dilantik bersama Anggota DPR RI periode yang sama pada Selasa 1 Oktober 2019 di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta. (Yendra)