Sungai Gunung Nago, Tempat Asyik Untuk Mandi Sore di Padang

22
BERBAGI

KabaSumbar. net- Sungai yang bersih merupakan hal mewah dan sulit ditemui di ibukota Jakarta. Namun jika liburan ke Padang, traveler bisa bermain air di Sungai Gunung Nago yang luar biasa jernih.

Kota Padang masih memiliki sungai – sungai yang memiliki air yang terbilang bersih dan masih bagus untuk dijadikan tempat untuk mandi. Salah satu sungai tersebut adalah Sungai Gunung Nago yang terletak di Kelurahan Lambung Bukik, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat.

Bagi orang yang telah lama tinggal di perkotaan, melihat aliran sungai yang masih bersih dan jernih merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan. Begitu juga bagi saya pribadi. Ketika pulang kampung ke Padang, saya tidak akan pernah melewatkan kesempatan untuk bermain ke sungai terutama di sore hari.

Bersama abang serta adik sepupu, sore hari kami menuju Sungai Gunung Nago dengan mengendarai sepeda motor. Salah satu sisi yang paling ramai dijadikan sebagai tempat mandi dekat dengan Jembatan Gunung Nago, di mana jembatan tersebut merupakan alat penghubung masyarakat yang tinggal di daerah Kelurahan Lambung Bukit dengan Kapalo Koto dan sekitarnya.

Ketika kami tiba, di lokasi sudah ramai orang yang datang untuk mandi sore. Air yang jernih, bersih dan tentunya menyegarkan merupakan alasan utama orang–orang menjadikan sungai ini sebagai tempat yang asyik untuk mandi di sore hari.

Sungai Gunung Nago selalu ramai di sore harinya, namun cobalah datang pada saat menjelang Ramadhan. Traveler akan menjumpai sungai ini penuh dengan manusia. Karena sudah menjadi tradisi yang ada di Sumatera Barat, khususnya Kota Padang. Menjelang Ramadhan, melaksanakan tradisi mandi bersama yang disebut dengan tradisi Balimau.

Sungai Gunung Nago merupakan salah satu tempat favorit untuk melakukan tradisi tersebut. Saya mendapatkan cerita ini dari abang saya yang pernah melakukan tradisi tersebut dua tahun yang lalu saat mendapatkan tugas di Padang.

Tidak hanya menikmati mandi dengan air sungai yang segar, di sini karena aliran muara sungai mengarah ke barat maka di sore hari kita juga bisa menikmati panorama sunset yang memukau.

Air sungai yang masih terjaga dari segala polutan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia seperti minum, mencuci, serta mandi seperti yang diceritakan ini.

Maka dari itu sudah sepatutnya kita sebagai manusia yang mendapatkan manfaat dari sungai ini menjaga kelestariannya dengan tidak membuang sampah atau limbah apapun ke sungai serta menjaga ekosistem yang berada sepanjang daerah aliran sungai. Sehingga kelak sungai yang indah dan bersih akan tetap dirasakan oleh generasi selanjutnya.

Editor : Yendra.
Sumber : detik travel.