5 Kota di Sulut dan 3 Kota di Malut Berpotensi Terkena Tsunami

34
BERBAGI

KabaSumbar.net – Gempa berkekuatan 7,1 Magnitudo mengguncang daerah Maluku Utara dan Sulawesi Utara. Gempa tersebut berpotensi menimbulkan tsunami di beberapa daerah di kedua provinsi tersebut.

Di Sulawesi Utara, Kota Bitung menjadi satu-satunya yang mendapatkan peringatan siaga tsunami dari BMKG. Dengan peringatan tersebut, wilayah Kota Bitung berpotensi diterpa gelombang tsunami dengan ketinggian 0,5 meter hingga 3 meter.

Informasi Gempa di 135 km Barat Daya Ternate-Maluku Utara. Foto: Dok. BMKG
Sementara empat kota lainnya, Minahasa Selatan, Minahasa Utara bagian selatan, Minahasa selatan bagian selatan, dan Bolaangmongondow mendapatkan peringatan waspada tsunami. Dengan peringatan ini, wilayah-wilayah tersebut berpotensi diterpa gelombang dengan ketinggian di bawah 0,5 meter.

Selain kelima kota tersebut, gelombang tsunami juga diprediksi akan menerpa tiga kota di Maluku Utara. Ketiga kota yang mendapat peringatan waspada tsunami tersebut adalah Halmahera, Kota Ternate, dan Kota Tidore.

Informasi Gempa di 135 km Barat Daya Ternate-Maluku Utara. Foto: Dok. BMKG
Gempa terjadi sekitar pukul 23.08 WIT atau 22.08 WIB. Pusat gempa berada di 133 kilometer barat daya dari Ternate, Maluku Utara. Pusat gempa berada di kedalaman 36 kilometer dari permukaan air laut.(*)

Editor : Yendra.
Sumber : Kumparan.