Bupati Solok harapkan banyak anak daerah lanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi

2119
BERBAGI

KabaSumbar.net – Bupati Solok, Sumatera Barat, Gusmal mengharapkan semakin banyak anak-anak dari daerah setempat itu yang dapat melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

“Saat ini di Indonesia masih ada sekitar 65 persen anak-anak usia kuliah yang tidak mampu mengenyam pendidikan di perguruan tinggi karena masalah ekonomi,” kata Bupati Solok Gusmal, di Koto Baru, Kamis saat peringatan hari Pendidikan Nasional di daerah setempat.

Ia berharap semua anak usia sekolah di Indonesia khususnya Kabupaten Solok dapat mengenyam pendidikan yang layak hingga selesai masa sekolahnya bahkan hingga kuliah.

Saat ini, Dinas Pendidikan setempat terus mendorong para siswa SMA untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Siswa terlebih dahulu harus berusaha lulus di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan jika kesulitan biaya akan dibantu dari berbagai beasiswa.

Sesuai dengan pidato arahan Menteri Pendidikan RI, Gusmal menyebutkan pembangunan pendidikan berkualitas merupakan salah satu target pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang mendorong kesejahteraan semua kalangan.

Jika setiap anak mendapatkan pendidikan yang berkualitas hingga perguruan tinggi tentu akan merubah pola pikir serta pekerjaan yang bisa mereka dapatkan nantinya.

“Semakin tinggi jenjang pendidikan seseorang tentu akan mempengaruhi kinerja dan kemampuannya dalam bekerja,” ujarnya.

Pihaknya mengaku pemerintah harus melakukan terobosan dan inovasi untuk dapat meningkatkan jumlah dan mutu mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang relevan dengan kebutuhan pembangunan dan pasar kerja

Kemudian perguruan tinggi di Indonesia dituntut untuk ikut berevolusi dan didorong untuk melakukan upaya transformasi digital dalam penyelenggraan kegiatan tridharma dan pengelolaan perguruan tinggi.

Selain itu, perguruan tinggi juga diharapkan berkontribusi dalam menyolusikan masalah sosial ekonomi di daerah-daerah, serta mewujudkan karakter Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi berkualitas yang disertai oleh etos kerja cerdas.

“Mari manfaatkan kemajuan pengetahuan dan teknologi dengan bijaksana dan menjadi ruang lahirnya manusia bermartabat, inovatif dan berkarakter,” sebutnya.

Acara juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Aswirman, dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat. (*)

Editor : Yendra.
Sumber : Antara.com.