Rakor Gubernur Se-Sumatera Bahas Percepatan Pembangunan di Sumatera

2155
BERBAGI

KabaSumbar.net –¬†Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menjadi tuan rumah diselenggarakannya Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur se-Sumatera 2018 dengan tema ‘Pembangunan infrastruktur untuk mendukung pariwisata dan pembangunan regional di Sumatera”.

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menyebutkan bahwa dalam Rakor Gubernur ada empat aspek yang menjadi perhatian utama para gubernur masing-masing di wilayah Sumatera.

“Intinya konektifitas antar provinsi terutama darat, laut, udara dan termasuk juga jalur Kereta Api,” ujar Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, usai memimpin Rakor Gubernur, Kamis, (22/11/2018).

Selain konektivitas, sektor pariwisata, perkebunan, infrastruktur menjadi perhatian bersama. Seperti pariwisata, setiap kepala daerah bersama-sama mempromosikan wisata, kuliner yang ada di daerah masing-masing.

“Saya lihat ini yang paling menonjol. diluar itu, ada juga soal mitigasi kebencanaan, kemiskinan, pendidikan, kesehatan, kemiskinan, pertanian sudah dituangkan dalam MoU,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa  kebijakan yang telah dituangkan dalam RPJMN 2015-2019 bahwa arah kebijakan utama pembangunan wilayah difokuskan untuk mempercepat pemerataan pembangunan antar wilayah.

“Dalam Rakor Gubernur, ini yang mesti kita dorong bersama-sama antar wilayah bagaimana mempercepat pembangunan di wilayah masing-masing,” sebutnya.

(yendra)